Sukses

Tahan Gempa Bumi, Rumah Teletubbies Ini Jadi Spot Swafoto

Liputan6.com, Jogjakarta - Indonesia adalah salah satu negara yang rawan gempa bumi. Tahun 2017, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 8.693 gempa bumi terjadi dan mengguncang wilayah Indonesia.

Penyebab utama terjadinya gempa di Tanah Air karena Indonesia terletak di jalur Ring of Fire kawasan Pasifik dan menjadi pusat pertemuan beberapa lempeng bumi seperti lempeng Indonesia-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Untuk mengantisipasi kerusakan akibat gempa bumi, masyarakat Jogjakarta membangun rumah tahan gempa di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Jogjarta yang sekarang ini jadi destinasi wisata menarik di sana.

Pembuatan rumah-rumah beratapkan setengah lingkaran yang mengingatkan kita akan rumah Teletubbies ini dibuat setelah gempa hebat yang melanda Jogjakarta pada 2006. Kawasan Nglepen sendiri merupakan daerah yang paling parah terkena gempa sehingga tanah amblas dan sebagian besar rumah hancur.

Setahun setelah gempa, rumah-rumah Teletubbies ini diresmikan dan diberi nama New Ngelepen.

Tak hanya unik dan tahan gempa, rumah Teletubbies dengan fondasi 20 sentimeter dan ditutupi dengan 200 rangka besi ini juga tahan angin dan api.

Selain itu, rumah Teletubbies juga dibangun dengan suhu stabil, sehingga nyaman untuk tempat tinggal. Penghuninya juga akan tetap merasa sejuk saat di luar panas, dan hangat saat di luar hujan.

Berkat keunikannya tersebut, banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Awalnya memang rumah yang sekilas tampak seperti Iglo, rumah khas Suku Eskimo itu hanya berwarna putih polos. Namun, sekarang rumah tahan gempa ini sudah dicat dengan aneka warna menarik.

 

 

2 dari 2 halaman

Berisi rumah lengkap

Rumah Teletubbies ini dibangun atas inisiasi World Association of Non-governmental Organizations (WANGO) dan the Domes for the World Foundation (DFTW). DFTW sendiri sebelumnya telah membuat rumah serupa di Kenya, India, dan Thailand.

Jika dilihat sekilas, memang bangunan yang mirip rumah Teletubbies ini terlihat kecil. Namun nyatanya setiap rumah di sini berukuran tujuh meter untuk diameter dan tingginya hampir lima meter.

Tiap bangunan juga terdiri dari dua lantai lengkap dengan ruang tamu, dua kamar, dapur, kamar mandi, dan ruangan beralaskan kayu tanpa sekat di bagian atas.

Saat tiba di sini, kamu tidak hanya bisa berfoto-foto di area luar rumah Teletubbies saja, namun kamu juga bisa memasuki beberapa rumah Teletubbies ini.

Selain itu, jika kamu yang penasaran bagaimana rasanya tinggal di rumah ini, kamu juga bisa menyewa rumah Teletubbies ini untuk menginap. Alternatif lain untuk menginap juga bisa di area perkemahan.

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/keren-rumah-teletubbies-di-yogyakarta-ini-tahan-gempa-bumi/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Fenomena Tanpa Bayangan di Yogyakarta, Awas Dehidrasi dan Pakai Pelindung Surya
Artikel Selanjutnya
Sorcha, Highlighter Lokal nan Berkilau dan Ramah di Kantong