Sukses

Berambut dan Menghitam, 9 Kelainan Lidah yang Perlu Kamu Waspadai

Liputan6.com, Jakarta - Dengan adanya indra perasa pada lidah, kita bisa menikmati dan mengecap segala macam hidangan lezat. Tak hanya itu, lidah juga memiliki sejumlah manfaat lainnya yang tak kalah penting dengan organ tubuh lainnya.

Di antaranya, lidah membantu proses sistem pencernaan dan melindungi mulut dari kuman.

Kelainan pada lidah sebenarnya juga bisa terjadi dan kadangkala jarang disadari oleh banyak orang. Melansir Playground, Selasa (9/1/2018) berikut ini merupakan kelainan pada lidah yang jarang kita ketahui.

1. Lidah berjendul dan kekuningan

 

Lidah berjendul dan bewarna kekuningan. Source: healthhype.com

Lidah seperti ini disebabkan karena jamur candida albican yang juga bertanggung jawab dengan terjadinya infeksi pada vagina. Orang yang mengalami lidah seperti ini biasanya memiliki sistem imun tubuh yang lemah atau sedang mengalami kemoterapi.

Namun, kelainan ini tak selalu merujuk pada kasus yang serius. Jika kamu sedang mengonsumsi antibiotik tertentu, reaksi dari antibiotik dapat memicu kondisi lidah seperti ini.

1 dari 5 halaman

2. Lidah bewarna hitam dan berbulu

Kondisi lidah seperti ini memang jarang terlihat orang banyak orang. Namun, kelainan lidah tersebut tak seburuk penampilan luarnya. Lidah bewarna hitam dan berbulu bisa merujuk pada bagian papila lidah yang tumbuh lebih besar daripada lidah normal lainnya. Biasanya pertumbuhan papila yang tak normal seperti lidah ini, dapat disebabkan karena menyebarnya bakteri.

Kelainan pada lidah seperti ini juga disebabkan karena merokok dalam jangka panjang, minum kopi yang berlebihan, dehidrasi parah, kekeringan pada mulut, hingga tingkat kebersihan yang rendah pada rongga mulut.

3. Munculnya rambut kecil pada lidah

 

Munculnya rambut kecil pada lidah. Source: Playground

Kondisi seperti ini biasanya disebut dengan paratrichosis. Hal ini bisa terjadi sebagai hasil dari operasi ataupun rekontruksi lidah yang pernah mengalami kanker.

2 dari 5 halaman

4. Lidah bewarna ungu

Lidah bewarna ungu merupakan tanda bahwa lidahmu kekurangan oksigen di dalamnya. Hal ini juga bisa menandakan bahwa kamu memiliki masalah pada sirkulasi darah.

Lazimnya, lidah ungu dapat menjadi indikasi dari penyakit seperti kolesterol yang tinggi, hipertensi, diabetes, sampai dengan bronkitis yang kronis.

5. Kerutan dan pecah-pecah

 

Lidah kerutan dan pecah-pecah. Source: Wikimedia

Sama seperti wajah, lidah juga bisa mengalami kerutan dan pecah-pecah. Kondisi yang tak biasa ini sebenarnya tergolong normal dan tak berbahaya. Namun, pada bagian pecahan-pecahan dalam lidah seperti ini akan berisiko mudah berkembang bakteri.

Sehingga, kondisi lidah seperti ini akan kerap mengalami bau yang tak sedap pada mulut dan dapat menyebabkan rasa perih.

3 dari 5 halaman

6. Tambalan putih pada lidah

Kondisi lidah seperti ini bisa menjadi tanda dari leukoplaka, atau tumbuhnya sel yang berlebihan dalam lidah. Walaupun tak menyebabkan sakit, munculnya tambalan putih-putih tersebut bisa menjadi indikator dari kanker oral.

Penyebab utama dari leukoplaka bisa disebabkan karena merokok.

7. Lidah yang halus dan bewarna merah

Lidah yang halus dan bewarna merah. Source: Hxbenefit.com

Jika lidahmu terlihat bewarna merah dan sangat halus tanpa adanya bintik-bintik, bisa jadi itu adalah tanda dari kurangnya kandungan besi dan vitamin B12. Kondisi lidah seperti ini bisa membuatmu sensitif terhadap makanan yang panas serta pedas.

4 dari 5 halaman

8. Lidah yang bengkak seperti buah strawberi

Jika lidah mirip seperti buah strawberi disertai dengan bagian bintik-bintik yang menonjol, maka hal ini bisa menjadi tanda bagian papila mengalami inflamasi. Kondisi seperti ini juga bisa merujuk pada tanda dari penyakit kawasaki. Penyakit tersebut terbilang langka dan biasanya hanya terjadi pada anak kecil.

9. Tertutup oleh selaput putih

Lidah tertutup selaput putih. Source: Men Health

Kondisi lidah seperti ini tanpa rasa sakit atau tak nyaman, bisa menjadi pertanda bahwa kamu perlu memperhatikan kesehatan mulutmu. Dengan menggunakan pembersih lidah biasanya selaput putih bisa hilang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

Artikel Selanjutnya
Awas, Penyakit Jantung Bawaan pada Anak Bisa Muncul di Trimester Pertama Kehamilan
Artikel Selanjutnya
Jangan Sampai Salah Kenali Gejala Alergi Anak