Sukses

Mensos Ajak Pengguna Medsos Bikin Trending Topic Hari Pahlawan

Mensos Khofifah mengajak pengguna media sosial atau medsos memviralkan hari pahlawan, 10 November 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November selalu diperingati dengan beragam kegiatan. Seperti upacara dan mengheningkan cipta yang diadakan di berbagai tempat. Itu dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang memerdekakan dan membangun Indonesia.

Untuk membangun memori atas jasa pahlawan tersebut, Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa punya upaya lain. Dia mengajak pengguna media sosial (medsos) untuk meramaikan lini masa dengan hastag #pahlawanku san #haripahlawan.

Caranya dengan mengunggah foto atau lokasi upacara peringatan Hari Pahlawan para pengguna medsos. Bisa juga dengan mengabadikan foto setelah hening cipta atau berfoto di logo-logo Pahlawan kota masing-masing.

"Yuk kita bikin trending topic Hari Pahlawan, agar di media sosial juga terbangun memori kolektif tentang jasa-jasa para pejuang bangsa," ujar Khofifah.

Dia menambahkan, Hari Pahlawan menjadi saat yang tepat untuk mengenang para pendahulu bangsa, pahlawan dan perintis kemerdekaan. Itu karena, segenap pemikiran dan perjuangan kolektif yang mereka lakukan membuat masyarakat bisa menikmati hidup di Indonesia. Tentunya sebagai bangsa yang merdeka dan sederajat dengan bangsa lain.

"Bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," tutur Khofifah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Heningkan Cipta dan Tabur Bunga

Pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 nanti, Khofifah juga mengajak segenap warga mengheningkan cipta serentak, pukul 08.15 selama 60 detik. Selain itu, Peringatan Hari Pahlawan dimeriahkan beragam kegiatan.

Dimulai Jelajah Kapal Kepahlawanan yang melibatkan 400 pelajar dan santri, 30 Oktober-1 November 2017 lalu . Mereka berlayar dengan Kapal Republik Indonesia (KRI) dr. Soeharso 990 di Selat Madura untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan.

Kegiatan lain, Doa Lintas Agama dan Jalan Sehat Kebangsaan. Doa lintas agama dipimpin lima perwakilan pimpinan agama di arena Car Free Day (CFD) di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Acara ini diikuti berbagai komunitas, keluarga pahlawan, relawan dan masyarakat umum.

Sementara pada puncak peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017, akan dilaksanakan ziarah nasional di Taman Makan Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata. Kegiatan itu akan dipimpin Presiden Joko Widodo.

Pada hari yang sama, juga dilakukan tabur bunga di perairan laut Jakarta dengan menggunakan KRI dr. Soeharso 990. Untuk pimpinan acara dipercayakan pada Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

Peringatan hari Pahlawan juga masih dirangkai dengan wisata sejarah yang diikuti pelajar dengan rute wisata mulai dari kantor Kemensos menuju Lubang Buaya hingga ke Museum Satria Mandala.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2017," kata Khofifah.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.