Sukses

Langka, Hewan Mungil Mirip Tikus dan Kangguru Ini Viral

Liputan6.com, Jakarta - Kemunculan hewan aneh memang selalu membuat penasaran banyak orang. Setelah sebelumnya ditemukan kucing gurun, kini muncul kembali hewan aneh dari spesies yang sama. Hewan bertubuh mungil ini menjadi perhatian banyak orang, karena mirip seperti campuran kangguru dan tikus.

Melansir Cultura Colectiva Plus, Jumat (27/10/2017), hewan imut ini disebut dengan Egyptian Jerboa. Awalnya orang-orang melihatnya sebagai kangguru kecil, tapi jerboa mesir ini sebenarnya termasuk ke dalam spesies sejenis tikus.

Jerboa punya kemampuan yang unik, yakni dapat melompat sepuluh kali lebih tinggi dari tubuh mereka. Mereka juga punya ciri-ciri ekor yang panjang yang berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh.

Source: teleonomix.com

Keunikan itulah yang membuat mereka menjadi sulit untuk dimangsa, karena mereka selalu berjalan dengan melompat layaknya kangguru. Selain itu, tubuhnya yang mungil tentu membuatnya lebih mudah bergerak dengan cepat.

Source: kids.nationalgeographic.com

Jerboa juga hidup pada wilayah gurun di sekitar Afrika Utara dan Asia. Melihat wajah mereka yang imut tentunya membuat banyak orang gemas dan ingin memeliharanya.

 

Meski tampak menggemaskan, tapi di Amerika, jerboa termasuk hewan yang dilarang. Hal ini disebabkan karena mereka dapat membawa virus monkeypox atau penyakit cacar yang terbilang langka.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: