Sukses

Belajar Menulis Kreatif di Campus CJ Weekend Class

Campus Citizen Journalist Weekend Class diadakan secara mandiri oleh Komunitas Campus Citizen Journalist Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Weekend class kali ini sangat menarik dan tidak membosankan. Peserta yang ikut acara ini berjumlah 15 orang dari berbagai kampus. Weekend class di awali dengan makan siang bersama sambil ngobrol santai antar peserta.

Sehingga suasanya lebih cair. Setelah itu barulah dimulai diskusi dengan salah satu editor liputan6.com yaitu Azwar Anas. 

Azwar, alumni Sastra Universitas Negeri Yogyakarta ini menjelaskan tentang bagaimana membuat creative articel. Creative Articel itu artikel yang menggunakan sudut pandang unik, beda dan menarik untuk dibaca. Dan untuk mengasah kemampuan menulis kita ya kita harus mulai menulis. Sebelum menulis bisa juga dimulai dengan melakukan observasi, wawancara dan riset pustaka.

Topik yang bisa diangkat untuk Creative Articel seperti tentang hewan lucu, cerita sejarah, misteri, seks, ritual aneh, fenomena alam, public figur atau yang lainnya. Creative article juga dibisa diangkat dari seberapa penting objek yang akan kita tulis.

Contohnya tentang Presiden Joko widodo yang mengenakan jaket bomber yang sempat viral di media sosial.

“Untuk kerangka menulis di citizen6 tidaklah sesulit membuat skripsi. Hanya perlu pengantar, isi dan penutup. Kalian bisa menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, buat artikel yang melibatkan pembaca dan perhatikan unsur 5W+1H” Ujar Azwar ketika diskusi berlangsung.

Setelah pemaparan dari Azwar Peserta weekend class diberi waktu 15 menit untuk membuat creative article dan setelah itu dipilih tiga orang atikel terbaik. Sebelum acara berakhir Sulistyo Hadi selaku Head Community Development memberikan sambutan ia mengatakan betapa pentingnya untuk membranding personal saat masih berkuliah, karena di era digital ini semua sudah mudah di jangkau.

Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini dan terus belatih. Setelah itu peserta weekend class memberikan kesempatan untuk office tour liputan6.com dan membuat video mannequin challence yang kekinian.

 

Penulis :

Afifah

Universitas Islam Assyafiiyah

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini