Sukses

Calonarang, Sosok Mengerikan Penyihir Wanita yang Melegenda

Saking mengerikan Calonarang, kisah legendanya diterjemahkan ke beberapa bahasa asing, seperti bahasa Belanda.

Citizen6, Jakarta Apakah kamu sempat menonton sosok Calonarang, yang diperankan ratu horor Suzanna? Film tersebut cukup sukses di kala itu. Suzanna pun sukses membawa sosok Calonarang kembali hidup. Saking mengerikan Calonarang, kisah legendanya bertahan selama puluhan abad bahkan diterjemahkan ke beberapa bahasa asing, seperti bahasa Belanda.

Konon, Calonarang, seorang janda yang dipercayai mempunyai ilmu hitam yang kuat. Ia hidup di kawasan Kerajaan Kediri saat pemerintahan Raja Airlangga berlangsung. Hal-hal mengerikan justru terjadi, Calonarang kerap melakukan tindakan ilmu hitam, seperti menyebarkan wabah penyakit.

Ia juga bisa membuat orang meninggal tanpa diketahui penyebab kematiannya. Kini, Calonarang masih dianggap menakutkan. Dari kabar yang beredar,  seorang anak meninggal akibat tertusuk keris usai memerankan lakon Calonarang di Bali. Peristiwa mengenaskan yang terjadi beberapa tahun lalu itu mengundang perhatian warga.

Situs Calonarang yang berlokasi di Dusun Butuh, Sukorejo, Kediri

Kepercayaan yang diyakini, roh-roh jahatlah yang menyebabkan anak sering kerasukan. Kerasukan bisa berujung maut. Bagaimana legenda malapetaka sosok Calonarang bermula? Malapetaka apa saja yang ditimbulkan Calonarang?

Cerita legenda sosok Calonarang bisa kamu baca selengkapnya di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.