Sukses

Fenomena Pelangi Tanpa Warna, Pertanda Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu melihat pelangi tanpa warna? Loh, memangnya ada? Ada kok. Namun pelangi tanpa warna ini biasa disebut "fogbow" yang sebenarnya merupakan fenomena alam seperti pelangi tapi warnanya sangat pudar sehingga seperti berwarna putih saja.

Namun demikian, fogbow sebenarnya sungguh memiliki warna bermacam-macam. Hanya saja, mata kita tak bisa melihatnya karena spektrum-nya berbeda dengan pelangi yang biasa. Sehingga, fenomena alam ini sering terlihat seperti kabut belaka.

Alasan kenapa fogbow terlihat putih dan berkabut adalah karena tetesan air yang jatuh dari langit dan disinari cahaya matahari, ukurannya lebih kecil ketimbang tetesan air yang biasa membentuk pelangi. Hal ini membuat warna yang dihasilkan begitu lemah.

- 

Tammi Elbert dari Washington, Missouri, suatu kali pernah menangkap fenomena alam langka ini. Waktu itu, ia sedang dalam perjalanan. Melihat hal unik tersebut, tak buang waktu, ia segera mengambil foto pelangi tanpa warna ini.

"Saat aku melihatnya, aku kira itu semacam ilusi optik. Aku tak pernah melihat fenomena ini sebelumnya," ujar dia seperti dikutip dari Buzzflare, Jumat (23/09/2016).

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6