Sukses

Kundari, Kucing Setia yang Kunjungi Makam Majikan Tiap Hari

Tapi ternyata, Indonesia juga punya haru soal kesetiaan hewan kepada manusia. Bukan dilakoni tokoh anjing, melainkan seekor kucing.

Liputan6.com, Jakarta Cerita kesetiaan seekor hewan kepada manusia sudah sering kita tonton lewat film, kita baca di buku-buku cerita, pun kita dengar dari dongeng turun temurun. Misalnya, seekor anjing bernama Hachiko yang setiap hari menunggui majikannya pulang di stasiun hingga akhir hayatnya. Maka tidak heran jika muncul anggapan, anjing adalah hewan yang paling setia dengan manusia.

Tapi ternyata, Indonesia juga punya haru soal kesetiaan hewan kepada manusia. Bukan dilakoni tokoh anjing, melainkan seekor kucing.

Bermula dari postingan foto di Facebook dengan akun Keli Keningu Prayitno. Ia mengabarkan tentang seekor kucing yang setia menunggui makam majikannya, di Kebumen, Jawa Tengah. "Semenjak tuannya meninggal, kuburan adalah rumahnya...mau sy bawa pulang dia (kucing) gak mau," tulis Keli.

Kucing berwarna abu-abu itu kerap tidur di atas makam bernisan dengan tulisan Ibu Kundari. Keli yang setiap hari melewati makam mengaku selalu melihat kucing itu.

Keli kemudian menelusuri asal-usul kucing tersebut. Rupanya kucing itu berasal dari desa sebelah. Kucing itu lantas viral di media sosial. Banyak yang mengatakan jika si kucing hanya pulang untuk makan lalu balik lagi ke makam.

"Padahal jarak makam dan rumah keluarga Ibu Kundari cukup jauh. Aku sudah nyoba membawa pulang si kucing, tapi tetap aja si kucing balik lagi ke makam pemiliknya," ujar Keli.

Ada yang bilang, dibanding seekor anjing, kucing adalah makhluk yang egois dan mementingkan diri sendiri. Ia akan pura-pura menurut ketika lapar, namun itu hanya stereotip belaka setelah kamu berkenalan dengan kucing Kundari ini.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.