Sukses

Canggihnya Robot Ikan Pari, Kena Cahaya Bisa Gerak Sendiri

Robot yang diberi nama Fascinatingly ini bisa meluncur di atas air dengan gerakan yang sama sebagai ikan pari yang berdaya gerak cahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Di zaman sekarang, kemajuan teknologi memang semakin meraja lela. Mulai dari perkembangan alat untuk industri, rumah tangga, hingga membuat berbagai robot dengan kemampuannya masing-masing.

Baru-baru ini sekelompok pecipta robot tengah menjadi perbincangan masyarakat karena bisa menghasilkan robot ikan pari yang terbuat dari sel-sel tikus hidup. Memang konsep robot ikan pari ini terdengar aneh dan hanya ada di film-film. Tapi ini semua benar-benar nyata lho.

Kit Parker, pria yang memimpin tim pengembang untuk menciptakan robot ikan pari ini menjelaskan, "Secara kasar, kami membuat robot ini dengan sejumput sel jantung tikus, sejumput implan payudara dan sejumput emas."

Dilansir elitereaders, Kamis (14/7/2016), robot ini juga didukung sel hati dan otot hasil rekayasa genetika dari 200 ribu tikus. Robot yang diberi nama Fascinatingly ini bisa meluncur di atas air dengan gerakan yang sama sebagai ikan pari yang berdaya gerak cahaya.

dok: elitereaders.com

Meski tak terlibat dalam menciptakan robot yang aneh, Adam Feinberg, ahli robot dari Carnegie Mellon University, mengatakan:

"Dengan menggunakan sel-sel hidup, mereka mampu membuat robot ini dengan cara baru sehingga kamu tidak bisa meniru dengan bahan lain. Sinar terang akan memicu otot untuk bergerak."

Adam memang mengakui penemuan robot ikan pari cukup keren, tapi dia tidak bisa membantu sang pecipta untuk mengembangkan robot ikan pari tersebut.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.