Sukses

WikiEduIndonesia, Portal untuk Belajar Lebih Jauh Soal Pendidikan

Liputan6.com, Jakarta 21 Mei 2016, pk 10.00 – 12.00, WikiEdu Indonesia, sebuah portal onine yang dikembangkan bersama oleh sejumlah relawan pegiat pendidikan diluncurkan di Gedung Kementerian dan Pendidikan Budaya Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Sekitar 60 orang pendidik dan praktisi pendidikan hadir dalam kegiatan peluncuran tersebut.

Mereka bukan hanya mendengarkan penjelasan mengenai apa itu WikiEdu Indonesia tetapi dalam kesempatan ini mereka juga mencoba untuk mengembangkan topik-topik baru dan menyuntingnya bersama-sama juga.Peluncuran ini dilaksanakan bersamaan dengan perayaan #PestaPendidikan yang diselenggarakan oleh lebih dari 100 komunitas pendidikan yang ada di Indonesia dalam rangka merayakan bulan pendidikan Nasional.

WikiEdu Indonesia adalah sebuah portal media informasi online berbahasa Indonesia mengenai istilah-istilah pendidikan, dalam bahasa Indonesia yang sederhana dan mudah dimengerti. WikiEduIndonesia ditujukan untuk praktisi pendidikan, tenaga kependidikan, pembuat kebijakan, awak media, dan orang awam.

WikiEdu Indonesia lahir karena adanya keprihatinan mengenai minimnya referensi berbahasa Indonesia mengenai berbagai istilah pendidikan.

Sebagai sebuah portal media informasi online berbentuk wiki, konten WikiEduIndonesia tidak dikembangkan oleh satu atau dua orang saja. Siapapun yang merasa punya pengetahuan, dan pemahaman mengenai berbagai istilah pendidikan bisa ikut berpartisipasi dalam mengembangkan konten WikiEdu Indonesia.

WikiEduIndonesia dikembangkan dari, oleh, dan untuk bersama berdasarkan nilai-nilai sebagai berikut: (1) berbahasa Indonesia; (2) berbasis fakta, objektif, dan netral; (3) bebas kepentingan & independen; (4) kontekstual dan disertai contoh yang relevan; (5) mendukung kesetaraan; dan (6) bersifat non komersil.

Dwi Martan, pengembang portal WikiEduIndonesia, mengatakan, “Saya berharap semua yang hadir di sini bisa ikut menuliskan konten untuk WikiEduIndonesia.

Weilin Han, salah satu penggagas WikiEdu Indonesia mengatakan, “Keberlangsungan dan masa depan WikiEduIndonesia ada di tangan bapak ibu sekalian.”

WikiEdu Indonesia lahir karena adanya keprihatinan mengenai minimnya referensi berbahasa Indonesia mengenai berbagai istilah pendidikan. Padahal istilah-istilah tersebut perlu dipahami oleh praktisi pendidikan, seperti guru, pembuat kebijakan, awak media (khususnya yang menuliskan mengenai berita-berita pendidikan), dan orang awam (termasuk orang tua).

Dhitta Puti Sarasvati, salah satu penggagas WikiEdu Indonesia berpendapat,”Di dalam dunia pendidikan ada banyak istilah spesifik seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi (SK), pembelajaran terintegrasi, dan banyak istilah lainnya. Baik guru, pembuat kebijakan, praktisi pendidikan, pemerhati pendidikan, penulis berita, punya kebutuhan untuk memahami istilah-istilah tersebut.

Sayangnya referensi mengenai istilah-istilah tersebut, yang berbahasa Indonesia terbatas dan tidak selalu mudah diakses. Jadi, alangkah menyenangkannya kalau ada sebuah portal online yang berisi penjelasan sederhana mengenai berbagai istilah tersebut dan contoh.“

Weilin Han, membenarkan hal tersebut, “Ketika saya memberikan pelatihan guru di daerah-daerah, seringkali saya mendapatkan pertanyaan seperti ‘RPP yang benar itu seperti apa sih?’, ‘apa saja yang harus ada di RPP’, ‘contohnya seperti apa?’ Artinya, ada kebutuhan untuk bisa menjangkau referensi mengenai berbagai istilah-istilah tersebut.”

WikiEdu Indonesia lahir karena adanya keprihatinan mengenai minimnya referensi berbahasa Indonesia mengenai berbagai istilah pendidikan.

Tanti, Executive Director Indonesia Overseas Alumni, salah satu peserta, peluncuran WikiEduIndonesia, mengatakan, “Kami sedang mendampingi sebuah daerah di Sumba Timur. WikiEdu Indonesia akan sangat membantu para tenaga kependidikan yang memerlukan pengertian istilah-istilah yang mereka gunakan sehari-hari. Bahkan informasi ini juga bermanfaat untuk para birokrat.”

Oscarina Dewi, Kepala Sekolah Dasar Global Jaya yang hadir dalam peluncuran WikiEduIndonesia, mengatakan, “Ide in bagus sekali. Belum lama, di sekolah, kami mengadakan pertemuan dengan orang tua di sekolah. Banyak istilah yang bagi para guru sudah akrab, namun orang tua belum pernah dengar. Misalnya, apa itu asesmen, apa catatan-catatan kecil (anecdotal records). WikiEdu Indonesia bisa jadi salah satu referensi.

Vicky Veronika Aruan, Staf Dikdasmen Kemendikbud, mengatakan WikiEdu merupakan ide yang dibuat nyata atas "kegelisahan" yg dikelola secara bijaksana oleh orang-orang yang serius membenahi dunia pendidikan. Ide untuk turun tangan membenahi pendidikan khusus istilah-istilah pendidikan, yang dapat dijalankan, konkret, dan bebas kepentingan. Medianya yang berupa daring membuat wikiedu dapat diakses oleh banyak kalangan dan tidak rumit.

Kontributornya pun melibatkan ragam latar namun diikat oleh satu kecintaan yang "sama" serta "dalam". Meski baru kali pertama bertemu dalam kegiatan peluncuranWikiEdu Indonesia, saya merasa dipertemukan dgn komunitas yg tepat. Semoga kedepan WikiEdu Indonesia dapat berkembang dan berdampak baik bagi wajah pendidikan kita.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6