Sukses

Kesalahan Penggunaan Kondom yang Lazim Dilakukan

Fungsi utama kondom ini adalah untuk mencegah kehamilan serta mencegah penyebaran penyakit

Citizen6, Jakarta - Kondom adalah salah satu bentuk alat kontrasepsi yang berbentuk sarung tipis dengan ujung yang tertutup rapat untuk menampung sperma. Fungsi utama kondom ini adalah untuk mencegah kehamilan serta mencegah penyebaran penyakit dan infeksi seksual yang dapat menular. 

Akan tetapi fungsi-fungsi kondom di atas tidak akan terpenuhi apabila penggunaannya salah. Jadi, jangan langsung menyalahkan kondom apabila kehamilan tetap terjadi padahal Anda sudah memakainya.

Berdasarkan penelitian, ternyata terdapat beberapa kesalahan umum yang terjadi pada penggunaan kondom di masyarakat. 

Profesor Richard Crosby dari University of Kentucky berujar, “Sebagian besar dari kita cenderung meremehkan cara-cara yang benar dalam menggunakan kondom.” Padahal, apabila digunakan dengan benar, kondom dapat mencegah kehamilan hingga 98%. Data ini dinyatakan langsung oleh WHO. Sedangkan terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan walaupun telah menggunakan kondom bisa mencapai angka 15%.

Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini