Sukses

15 Fakta Keindahan Tato Suku Dayak yang Memukau

Citizen6, Jakarta Tato bukan sekadar  gambar yang dilukis di tubuh tanpa makna. Beberapa suku asli pedalaman di Indonesia mempunyai tato dengan beragam corak. Bagi mereka, tato menunjukkan status sosial, terutama tato suku Dayak. Setiap corak tato suku Dayak menyimpan makna.  

Suku yang mendiami Kalimantan terkenal dengan keindahan tatonya. Sebagian besar tato yang dilukis nyaris menutupi seluruh tubuh bahkan ada pula yang mempunyai tato di seluruh tubuh. Berikut ini fakta-fakta di balik keindahan tato suku Dayak yang terungkap.

1.Tato sebagai simbol keberanian

Pada zaman kuno, suku Dayak yang memancung kepala musuh memiliki prestasi lebih dibanding yang lain. Ia berhak mendapat tato di bahu kanan sebagai simbol keberanian yang luar biasa, sedangkan tato di bahu kiri jika keberaniannya dianggap biasa saja. Di zaman sekarang mirip dengan seorang prajurit yang memperoleh lencana penghargaan.

2.Beda tato antara perempuan dan laki-laki

Secara umum, perempuan suku Dayak hanya bertato di tangan dan kaki, sedangkan laki-laki bisa memiliki tato di seluruh tubuhnya.

Forum Liputan6

3.Hindari roh jahat

Bagi kaum laki-laki, tato yang dilukis pada tangan dan kaki berperan menghindari roh-roh jahat. Adanya tato memberikan keselamatan dan melindungi diri dari gangguan-gangguan roh jahat yang akan mencelakakan dirinya.

4.Status tingkatan tato pada perempuan

Pada perempuan suku Dayak mempunyai tingkatan tato yang berbeda. Hal ini berlaku pada beberapa sub suku Dayak. Perempuan suku Dayak dengan tato lebih sedikit memiliki tingkat yang lebih rendah daripada perempuan dengan tato lebih banyak di tubuhnya.

Forum Liputan6

5.Penunjuk ahli pengobatan

Tato yang banyak dilukis dekat jari menunjukkan, orang itu ahli pengobatan. Jika ada suku Dayak lain sakit atau meminta pertolongan, orang yang ahli pengobatan ini akan dicari dan disegani kemampuan pengobatannya.

Selengkapnya kamu bisa baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.