Sukses

Siapa Sosok Guru Oemar Bakri dalam Lagu Iwan Fals?

Guru jujur yang berdedikan dan berbakti pada negeri.

Citizen6 Jakarta Tidak perlu menjadi Oi, sebutan penggemar fanatik Iwan Fals untuk mengerti lagu Oemar Bakri. Lagu berjudul "Guru Oemar Bakri" bahkan masih relevan diputar hingga sekarang. Lagu itu sering digunakan bakcsound di media televisi saat Hari Guru seperti sekarang ini.

Akan tetapi pernahkan Anda bertanya, siapa sebenarnya sosok guru Oemar Bakri? Terlebih dahulu, mari kita lihat lirik lagu "Guru Oemar Bakri", dia adalah seorang pegawai negeri yang loyalitasnya tanpa batas. Seorang guru yang sudah mengajar hingga 40 tahun lamanya.

Pembawaannya sederhana dan jauh dari kemewahan. Setiap berangkat mengajar Oemar Bakri menaiki sepeda kumbang dengan mententeng tas kulit berwarna hitam. Jasa Oemar Bakri tak terhingga besarnya. Karenanya Oemar Bakri mampu menciptakan profesor, doktor, insinyur, menteri, dan bahkan membuat otak orang-orang menjadi cerdas laiknya Habibie.

Akan tetapi penghargaan atas jasa-jasa besarnya tidak sebarapa. Oemar Bakri masih harus merasakan gaji bulanannya dikebiri. Kendati demikian Oemar Bakri tetap menjadi guru yang jujur dan berbakti pada negeri.

Tentu tokoh Oemar Bakri hanya tokoh fiktif alias rekaan semata. Oemar Bakri hanya cerminan bahkan mungkin harapan dan bukan manusia nyata pada umumnya. Oemar Bakri adalah representasi para guru-guru di pedalaman, di pulau-pulau terdepan Indonesia yang kesejahterannya masih perlu ditambah lagi.

Mungkin Anda bisa menemukan sosok guru yang bernasib sama dengan Oemar Bakri. Selamat Hari Guru Nasional. (War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini