Sukses

Masalah Sampah, Masalah Siapa?

Citizen6, Jakarta Ribut masalah sampah antara Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahya Purnama alias Ahok dengan DPRD Bekasi, menyita perhatian publik. Terlebih ketika ribut-ribut masalah sampah itu, membawa-bawa institusi TNI.

Kronologinya bermula ketika Ahok ditegur oleh DPRD Bekasi soal batas pembuangan sampah dari Jakarta ke Bantargebang Bekasi, melibihi kuota yang ditentukan. Ahok yang merasa direndahkan atas pemanggilan itu, mengeluarkan statemen yang menyinggung TNI. Keributan pun akhirnya meluas, antara Ahok, DPRD Bekasi, dan ditambah lagi TNI.

Keributan ini sungguh sangat disayangkan, mengingat masalah utama justru tidak terpikirkan. Banyak energi terkuras hanya untuk melakoni debat, siapa menyinggung siapa.

Padahal, masalah utamanya adalah pengelolaan sampah. Tanpa pengelolaan secara baik dan benar, sampah akan menjadi hal yang sangat merugikan dan mendatangkan musibah.

Kerugian itu akan dirasakan karena timbulnya banjir, meningkatnya pemanasan iklim, menurunnya kandungan organik kebun dan pertanian, sanitasi lingkungan makin buruk, dan ancaman meningkatnya berbagai penyakit.

Tentu akan lebih bijak dan bestari, jika mau menyudahi saja ribut-ribut yang tidak substansial itu, dan mulai pikirkan pengelolaan sampah. Sebab masalah sampah adalah masalah kita semua sebagai warga negara.

Maka tidak begitu berlebihan apa yang dikatakan pepatah lama, kota yang tidak mampu mengelola sampah adalah kota yang tidak layak untuk ditinggali. (War)*


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6