Sukses

Jalan-jalan Legendaris di Indonesia Ini Wajib Anda Kunjungi

Berkunjung ke sebuah kota tanpa melewati jalan ini, berarti Anda belum bisa sombong

Citizen6, Jakarta Setiap kota memiliki ikon wisata yang sayang untuk dilewatkan bila Anda berkunjung ke kota tersebut. Kebanyakan ikon wisata biasanya berupa sebuah bangunan, namun beberapa kota di Indonesia memiliki ikon wisata berupa jalanan yang melegenda. Apa saja? Berikut ringkasannya:

1. Jalan Gang Lombok-Semarang

Jalan yang satu ini menjadi legenda karena di sini lumpia pertama kali diresepkan oleh pasangan suami istri beda budaya yakni Tjoa Thay Yoe dan Wasih. Kini jalanan ini menjadi kawasan pecinan populer di Semarang.

2. Jalan Sombu Opu-Makassar

Tak lengkap ke Makassar bila belum mampir ke jalan ini. Jalan ini melegenda karena menjadi pusat oleh-oleh khas Makassar sekitarnya. Miniatur kapal Pinisi yang terkenal juga dapat Anda beli di sini.

3. Jalan Kesawan-Medan

Di sini tempat yang tempat untuk Anda yang ingin tahu sejarah Medan masa lalu. Banyak nilai historis kota ini dari masa ke masa. Dari Zaman Belanda hingga kini, bangunannya masih ada. Jalan ini juga menjadi pusat wisata pada malam hari dengan berbagai macam kuliner yang dijual.

4. Jalan Tunjungan-Surabaya

Jalan ini punya nilai sejarah tinggi. Di jalan ini terletak Hotel Majapahit yang menjadi lokasi perobekan bendera penjajah yang fenomenal.

5. Jalan Legian-Bali

Ke Bali tapi tidak ke jalan Legian, berarti Anda belum bisa menyombongkan diri. Di sini banyak terdapat pusat hiburan, dari yang murah hingga mahal. Di sini juga tempat pusat oleh-oleh khas Bali. Jalan ini juga tak jauh dari Monumen Ground Zero, monumen yang dibangun untuk mengenang tragedi Bom Bali.

6. Jalan Cihampelas-Bandung

Sepanjang jalan ini adalah surganya pecinta fashion. Distro di sini didesain seunik mungkin. Dulunya jalan ini dikenal sebagai jalan jeans karena produk jeansnya yang jempolan.

7. Jalan Braga-Bandung

Ingin merasakan suasana Bandung tempo dulu? Jalan ini jawabannya. Di sini, Anda bisa melihat sisa-sisa kejayaan Hindia Belanda dari arsitektur bangunannya. Saat malam hari, jalan Braga banyak dikunjungi karena tampak indah.

8. Jalan Malioboro-Yogyakarta

Siapa yang tak kenal jalan yang satu ino? Jalan ini telah lama menjadi ikon kota Yogyakarya. Wisata sejarah, kuliner, hingga belanja terpusat di sini. Di sini juga terdapat Benteng Vredeburg yang punya nilai sejarah tinggi.

Ingin membaca artikel selengkapnya? Baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.