Sukses

Batu-batu Misterius Ini Hanya Ada di Rumania

Mungkin tidak terlalu mengherankan jika melihat pohon tumbuh menjadi sangat tinggi dan besar.

Citizen6, Jakarta Mungkin tidak terlalu mengherankan jika melihat pohon tumbuh menjadi sangat tinggi dan besar. Tapi bagaimana jika yang tumbuh membesar itu batu? Ternyata batu yang bisa tumbuh semakin membesar tersebut memang ada di sebuah desa kecil bernama Costesti, Rumania. Batu misterius tersebut di sebut batu Trovants. Warga sekitar sangat menyakini kalau batu tersebut memiliki kehidupan di dalamnya.

Pemberian nama Trovants pada batu tersebut mengacu pada istilah geologi yang sering digunakan di Rumania. Trovants mengandung arti pasir semen. Trovants memang merupakan fenomena geologi yang terdiri dalam berbagai bentuk bola pasir semen. Fenomena tersebut lahir karena beberapa aktivitas seismik kuat. Menurut hasil penelitian, gempa bumi yang menyebabkan terciptanya trovants pertama terjadi sekitar 6 juta tahun lalu.

Mungkin tidak terlalu mengherankan jika melihat pohon tumbuh menjadi sangat tinggi dan besar.

Yang membuat trovant menjadi sangat unik dan misterius, karena batu ini dapat "bereproduksi" setelah mengalami kontak dengan air. Biasanya setelah diguyur hujan, batu ini bisa tumbuh mulai 6 hingga 8 milimeter dan terhenti antara 6 hingga 10 meter. Lebih unik lagi, walau berbeda ukuruan, namun bentuk batu ini selalu identik. Dan yang membuatnya menjadi misterius, batu trovant bisa berpindah-pindah.

Para ilmuwan percaya bahwa batu trovan terus tumbuh lantaran tingginya kandungan berbagai mineral garam yang berada di bawah cangkang batu tersebut. Saat permukaan batu menjadi basah, bahan kimia yang ada mulai menyebar dan menekan pasir, sehingga membuat batu itu tumbuh.

Mungkin tidak terlalu mengherankan jika melihat pohon tumbuh menjadi sangat tinggi dan besar.

Namun para ilmuwan belum menemukan penjelasan logis mengenai pertumbuhan batu trovant yang memiliki sifat seperti akar tumbuhan. Bahkan ketika dibelah, bagian dalam batu, memiliki bentuk cincin berwarna, seperti pohon.

Meskipun penduduk setempat telah menyadari adanya pertumbuhan yang misterius dari batu trovants selama ratusan tahun, mereka tidak mengaitkannya dengan hal mistis. Batu tersebut sering digunakan sebagai bahan bangunan dan pembuatan batu nisan.

Pengirim:

M Sufyan

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini