Sukses

Penyakit Langka Membuat Perut Bocah Ini Sebesar Bola Basket

Niu Shandong didiagnosis penyakit langka yang menyebabkan perutnya membengkak dengan ukuran sebesar bola basket.

Citizen6, Cina Setiap orangtua pasti merasa bingung dan sedih jika buah hati kesayangannya merasa kesakitan dan tersiksa dengan kondisi tertentu. Hal tersebut pun dirasakan orang tua dari seorang bocah yang didiagnosis penyakit langka di Zuoquan Shanxi, Cina. 

Dilansir Stomp pada Rabu (5/8/2015), kondisi Niu Shandong, bocah berusia empat tahun ini sangatlah memprihatinkan. Pasalnya, ia didiagnosis penyakit langka yang menyebabkan perutnya membengkak dengan ukuran sebesar bola basket.

Stomp.com.sg

Kini bocah lelaki itu memiliki lingkar pinggang sekitar 144 cm lebih besar dibandingkan kepalanya yang berukuran 84 cm. Pembengkakan yang ekstrim menyebabkan ia sulit melakukan kegiatan sehari-hari karena ia mengalami sesak napas ketika berjalan.

Stomp.com.sg

Saat mendatangi Rumah Sakit Beijing untuk melakukan pengecekan, Shandong pun didiagnosis dengan penyakit Gaucher, yakni gangguan langka yang mempengaruhi organ pasien. Gangguan ini juga ditandai dengan memar, kelelahan, anemia, trombosit darah rendah dan pembesaran hati dan limpa.

Kini, orangtua Shandong pun harus mengumpulkan biaya hingga Rp 43 juta untuk pengobatan penyakit Gaucher ini. Bahkan, keluarga Shangdong harus menjual seluruh barang berharga mereka di rumah untuk mendapatkan uang tambahan. Untungnya, banyak orang yang telah memberikan bantuan untuk kesembuhan Shandong. (ul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.