Sukses

Sate Susu Khas Bali, Hanya Ada di Bulan Ramadan

Citizen6, Jakarta Ramadan memang bulan yang istimewa. Di beberapa tempat di Indonesia memperlakukan bulan suci umat Islam ini dengan berbagai cara. Salah satunya contohnya adalah di Kampung Jawa, Desa Wanasari, Denpasar Barat. Di wilayah ini para pedagang memanfaatkan bulan ramadan dengan menjual beragam minuman dan makanan, termasuk sate.

Lazimnya sate yang kita kenal selama ini adalah sate ayam, sate kambing, sate ikan dan sate usus. Namun sate ini sangat unik dan hanya ada di Bali pada bulan puasa saja. Sate yang sangat disukai oleh para muslim di Bali ini adalah sate susu.

Sesuai namanya sate susu ini bahan dasarnya adalah puting-puting susu sapi. Bagian susu sapi dipotong-potong berbentuk dadu kemudian direbus ;alu dibumbui. Bumbu sate ini berbeda dengan sate ayam atau kambing yang menggunakan saos kacang dan kecap, sate susu ini memakai bumbu yang berasal dari tepung beras yang dicampur dengan santan. rempah-rempah yang dipakai sebagai bumbunya adalah kencur, cabai merah, cabai rawit dan  bawang putih.

Sate eksklusif ini bisa diperoleh di sepanjang Jalan Ahmad Yani Denpasar Barat tepatnya di dekat Masjid Baiturrahman. Untuk menikmati seporsi sate paling langka ini, kita tak perlu merogoh kocek yang dalam. 

Namun sayang penjual sate susu ini mengeluhkan harga puting susu yang kian tahun kian mahal. Semoga sate susu yang hanya ada di Bali ini tetap eksis sebagai warisan budaya kuliner Indonesia.

Berminat membuat sate puting susu sapi sendiri, berikut caranya:

Resep Sate Susu Bali :

- 1/2 kg puting susu sapi
- 300 ml santan
- 1000 ml air untuk merebus
- 3 lembar daun jeruk
- 3 sdm minyak goreng untuk menumis
-  tusuk sate dari bambu secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

- 7 buah bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 5 buah cabai merah
- 4 buah cabai rawit
- 2 cm kunyit
- 2 cm jahe
- 1 sdt ketumbar
- 1 sdt garam
- 1 sdm gula pasir

Cara membuat sate susu bali :

-  Rebus puting susu sapi ke dalam 1 liter air. Rebus hingga empuk. Setelah itu tiriskan dan potong-potong kotak.
-  Panaskan minyak goreng, tumis semua bumbu yang telah dihaluskan hingga harum lalu tambahkan daun jeruk. Setelah bumbu matang lalu masukkan santan dan didihkan.
-  Masukkan potongan puting susu sapi ke dalam santan dan aduk-aduk hingga bumbu meresap ke dalam puting sapi dan santan agak mengering. Angkat dan dinginkan sebentar
-  Tusuk 4-5  potong daging kantong susu sapi dengan tusukan sate
- Panggang sate hingga matang
-  Sajikan sate  bersama sambal dan nasi yang hangat

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

Loading