Sukses

Deretan Konten Satir yang Sempat Viral di Masyarakat, Simak Daftarnya

Konten satir banyak beredar di masyarakat melalui media sosial maupun aplikasi percakapan. Konten seperti ini harus diklarifikasi agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Liputan6.com, Jakarta - Konten satir banyak beredar di masyarakat melalui media sosial maupun aplikasi percakapan. Konten seperti ini harus diklarifikasi agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Lalu apa saja konten satir yang sempat viral di media sosial? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Satir FIFA Batalkan Kemenangan Qatar Atas Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Beredar di media sosial postingan yang menyebut FIFA membatalkan kemenangan Qatar atas Timnas Indonesia di Piala Asia U-23. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 17 April 2024.

Berikut isi postingannya:

"FIFA DENGAN RESMI membatalkan kemenangan Qatar atas indonesia di piala Asia u23 karena kecurangan wasit!!

JADI HARAPAN BESAR PECINTA SEPAKBOLA TANAH AIR 😔🗣️

VAR hanya jadi pajangan"

Hingga saat ini postingan itu telah dilihat 206,4 ribu kali, mendapat 81, ribu komentar dan 927 kali dibagikan.

Lalu benarkah postingan yang menyebut FIFA membatalkan kemenangan Qatar atas Timnas Indonesia di Piala Asia U-23? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Satir MK Tolak Gugatan Pernikahan Beda Dimensi

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim MK menolak gugatan soal pernikahan beda dimensi. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Februari 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar dengan narasi "MK Tolak Gugatan Soal Pernikahan Beda Dimensi"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim MK menolak gugatan soal pernikahan beda dimensi? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Satir Biksu Berusia 300 Tahun Ditemukan di Malang

Beredar di media sosial postingan yang menyebut ada seorang biksu berusia 300 tahun ditemukan di Waduk Karangkates Malang. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 27 Juni 2024.

Dalam postingannya terdapat gambar seorang biksu dilengkapi narasi sebagai berikut:

"Baru saja ditemukan seorang biksu dalam gua di pegunungan dekat Waduk Karangkates malang. Semula para masyarakat mengira ini sebuah mummi, setelah diamati dengan seksama ternyata denyut nadinya masih ada walaupun lemah sekali.Diperkirakan biksu ini sdh berumur 300 tahunDi samping biksu itu terdapat uang logam kuno yang sudah tidak laku lagi, beberapa barang kuno seperti cawan, tenunan kuno yang sudah lapuk dan sebuah buku tua.Di dalam buku itu ada selembar kertas dengan tulisan India kuno.Kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, artinya kira-kira begini: "Lebih baik kita ngopi daripada mempercayai cerita ini, sebab kopi membuat kita lebih semangat".Jangan terlalu serius, semangat 😅🫰🏻Jangan lupa bersyukur dan bahagia..🔥⚽️"

Foto itu disertai narasi "Dunia memang sudah terlalu tua"

Lalu benarkah postingan yang menyebut ada seorang biksu berusia 300 tahun ditemukan di Waduk Karangkates Malang? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini