Sukses

Cek Fakta: Hoaks Prabowo Subianto Promosikan Diskon Sprei Kasur Usai Menang Pilpres 1 Putaran

Beredar di media sosial postingan video Prabowo Subianto mempromosikan diskon sprei kasur usai kemenangan 1 putaran dalam Pilpres 2024. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video Prabowo Subianto mempromosikan diskon sprei kasur usai kemenangan 1 putaran dalam Pilpres 2024. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 24 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat Prabowo Subianto sedang berpidato dengan Gibran Rakabuming Raka dengan narasi sebagai berikut:

"Atas kemenangan satu putaran ini saya akan sedekah ribuan seprai Kasur. Bahannya premium tebal halus dan sudah gratis sarung bantal. Yang mau komen "aku mau seprai""

Video itu juga disertai narasi "Diskon sprei kasur jangan sampai kehabisan guys. Cuma 99.000"

Lalu benarkah postingan video Prabowo Subianto mempromosikan diskon sprei kasur usai kemenangan 1 putaran dalam Pilpres 2024?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan video yang identik dengan postingan. Video itu diunggah akun Kompas TV Sukabumi di Youtube dengan judul "Pernyataan Prabowo-Gibran Usai Debat Kelima Pilpres 2024" pada 4 Februari 2024.

Dalam video berdurasi 2 menit 27 detik itu, Prabowo menyampaikan rasa terima kasihnya usai debat kelima Pilpres 2024.

<p>Cek fakta Prabowo promosikan sprei kasur</p>

Dia sama sekali tidak menyinggung masalah diskon sprei seperti dalam postingan.

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=PZ9RL2jQqZY

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video Prabowo Subianto mempromosikan diskon sprei kasur usai kemenangan 1 putaran dalam Pilpres 2024 adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun , tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.