Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Peristiwa Jembatan Runtuh, dari Dalam hingga Luar Negeri

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah hoaks terkait jembatan runtuh tersebut.

Liputan6.com, Jakarta- Informasi tentang jembatan runtuh di sejumlah wilayah beredar di media sosial, namun tidak semuanya benar. Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah hoaks terkait isu tersebut.

Untuk mengetahui hoaks terkait perisitiwa jembatan runtuh, simak daftar berikut ini.

Kartun The Simpsons Memprediksi Runtuhnya Jembatan di Baltimore

Kabar tentang kartun The Simpsons memprediksi runtuhnya jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Amerika Serikat beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 29 Maret 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar berisi salah satu karakter di kartun The Simpsons yakni Homer Simpsons yang tengah melihat sebuah kapal menabrak jembatan.

Gambar itu kemudian dikaitkan dengan peristiwa jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Amerika Serikat yang runtuh setelah ditabrak sebuah kapal kargo.

"The Simpsons never disappoint with their eeriely accurate predictions," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 29 kali dibagikan dan mendapat 12 respons dari warganet.

Sebelumnya, sebagian dari Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, AS runtuh setelah sebuah kapal kargo bertabrakan dengannya pada Selasa 26 Maret 2024 pagi, menyebabkan banyak kendaraan jatuh ke air.

Sekitar pukul 01.30, sebuah kapal menabrak jembatan, terbakar lalu tenggelam. Sebuah video yang diposting di X terlihat menunjukkan sebagian besar jembatan sepanjang 2,6 km itu ambruk karena sejumlah kendaraan jatuh ke air di bawahnya.

 "Semua jalur ditutup kedua arah karena kejadian di Jembatan Kunci I-695. Lalu lintas dialihkan," tulis Otoritas Transportasi Maryland di X seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (26/3/2024). 

Benarkah dalam gambar tersebut kartun The Simpsons memprediksi runtuhnya jembatan di Baltimore, Amerika Serikat? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Jembatan Serayu Adipala Cilacap Runtuh dan Hanyut pada 15 Oktober 2022

Sebuah video yang diklaim jembatan Serayu, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah runtuh dan hanyut beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Oktober 2022 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah sebuah video dari situs berbagi video YouTube. Pada video berdurasi 1 menit 4 detik itu, memperlihatkan detik-detik sebuah jembatan ambruk diterjang banjir.

Pada Video itu juga terdapat narasi yang berisi bahwa jembatan yang runtuh tersebut adalah jembatan Serayu, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah.

"Jembatan adipala hancur & hanjut jurusan cilacap selatan tertutup," demikian narasi dalam video tersebut.

"Sedang viral jembatan serayu selarang adipala runtuh hanyut," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 4 kali dibagikan dan mendapat beberapa respons dari warganet.

Benarkah dalam video itu jembatan Serayu, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah runtuh dan hanyut? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

3 dari 4 halaman

Video Jembatan di Samarinda Ambruk Usai Diresmikan

Sebuah video yang diklaim jembatan di Samarinda ambruk usai diresmikan beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 14 Januari 2022.

Dalam video berdurasi 19 detik itu, tampak beberapa orang tengah berjalan di atas sebuah jembatan kayu. Seketika, jembatan itu ambruk dan mereka tercebur ke sungai. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan peristiwa jembatan ambruk di Samarinda usai diresmikan.

"Peresmian jembatan di samarinda

Dan sedang di uji coba

Tiba" byuuuuuuuuuuuurrrrrr 😅😅🤣🤣🤣🤣🤣 inilah hasil proyek kalian, untung bukan rakyat yang jadi korban," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1.500 kali ditonton dan mendapat 51 komentar warganet.

Benarkah video tersebut merupakan jembatan ambruk di Samarinda usai diresmikan? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini......

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.