Sukses

Bencana Alam Dijadikan Bahan Hoaks, Simak Daftarnya

Agar tidak terpengaruh oleh hoaks terkait dengan bencana alam, sebaiknya kita mengetahui ragam hoaks yang sedang beredar

Liputan6.com, Jakarta- Media sosial menjadi tempat penyebaran beragam hoaks, salah satunya terkait dengan bencana alam. Informasi palsu tersebut dapat menimbulkan keresahan jika berhasil mempengaruhi masyarakat yang menerimanya.

Agar tidak terpengaruh oleh hoaks terkait dengan bencana alam, sebaiknya kita mengetahui ragam hoaks yang sedang beredar.

Berikut kumpulan hoaks bencana alam.

Video Rumah Roboh Akibat Gempa Tuban

Cek Fakta Liputa6.com mendapati klaim video rumah roboh akibat gempa Tuban, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook 22 Maret 2024.

Klaim video rumah roboh akibat gempa Tuban menampilkan sebuah bangunan bertingkat berbentu rumah yang terletak di pinggir jalan, kemudian pada sebagian bangunan tersebut roboh dari bagian atap hingga temboknya.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Pulau bawean gresek

#gempapulaujawa

#gempatuban"

Benarkah klaim video rumah roboh akibat gempa Tuban? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Peristiwa Gempa dan Tsunami Jepang 1 Januari 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video peristiwa gempa bumi dan tsunami di Jepang 1 Januari 2024, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 3 Januari 2024.

Klaim video peristiwa gempa bumi dan tsunami di Jepang 1 Januari 2024 menampilkan arus air yang menerjang sejumlah bangunan dan kendaraan, telihat aliran tersebut membawa puing-puing bangunan.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"1 Januari 2024. Gempa yg di susul Tsunami di Jepang."

Benarkah klaim video peristiwa gempa bumi dan tsunami di Jepang 1 Januari 2024? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini....

 

3 dari 4 halaman

Video Erupsi Gunung Tangkuban Perahu 7 Desember 2023

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Gunung Tangkuban Parahu erupsi pada 7 Desember 2023, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 7 Desember 2023.

Unggahan klaim video Gunung Tangkuban Parahu erupsi pada 7 Desember 2023 menampilkan kepulan asap hitam dan putih membumbung ke langit.

Dalam video tersebut juga terlihat sejumlah orang menaiki kendaraan mobil dan motor menjauhi kepulan asap tersebut. Dalam video terdengar sejumlah orang berteriak di antaranya mengimbau pengendara tidak panik.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Tangkuban perahu Bru saja erupsi...."

Benarkah klaim video Gunung Tangkuban Parahu erupsi pada 7 Desember 2023? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini