Sukses

Kumpulan Hoaks Soal Kemunculan Api Secara Alami, Simak Faktanya

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com pun mendapati sejumlah hoaks terkait munculnya api secara alami

Liputan6.com, Jakarta- Fenomena munculnya api secara alami di sejumlah wilayah beredar di media sosial. Namun, hal tersebut kerap salah gunakan untuk dijadikan bahan hoaks.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com pun mendapati sejumlah hoaks terkait munculnya api secara alami, kabar bohong tersebut dibagikan dengan narasi yang tidak sesuai fakta.

Berikut kumpulan hoaks hoaks terkait munculnya api secara alami.

Video Kemunculan Api dari Dalam Bumi setelah Gempa Tuban

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video muncul api dari dalam bumi setelah gempa di Tuban, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 23 Maret 2024.

Klaim video muncul api dari dalam bumi setelah gempa Tuban menampilkan sejumlah orang menggali tanah bebatuan di tengah lahan terbuka kemudian muncul api dari tanah bebatuan tersebut dan membakar dedaunan.

Dalam video tersebut pun terdapat seorang lelaki yang diwawancarai terkait keluarnya api dari tanah tersebut dengan bahasa Jawa.

<p>Wawancara seorang lelaki berbahasa Jawa dalam klaim video muncul api setelah gempa di Tuban</p>

 

Tayangan video diawali dengan narasi suara, berikut transkripnya.

"Darurat, Indonesia dalam bahaya besar setelah gempa di Tuban tiba-tiba muncul api dari dalam bumi"

Dalam video tersebut juga terdapat tulisan sebagai berikut.

"DARURAT!!, INDONESIA DALAM BAHAYA BESAR SETELAH GEMPA DI TUBAN TIBA-TIBA MUNCUL API DARI DALAM BUMI"

Benarkah klaim video muncul api dari dalam bumi setelah gempa di Tuban? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Video Ada Mata Air dan Api di Makkah

Marak beredar lagi postingan video yang mengklaim adanya mata air yang mengalir bersama api di Makkah, Arab Saudi. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 17 September 2018.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 3 menit 16 detik dengan narasi sebagai berikut:

"Berita terbaru...!!!Di Mekah ada mata air yg mana airnya mengalir bersama2 dengan api. Hal itu tertuliskan dalam Al Qur'an bahwa salah satu tanda kiamat adalah adanya jenis mata air ini ......... Kecocokan antar dua elemen yg saling bertolak belakang.👇TOLONG JANGAN HANYA DIBACA INI BUKAN POSTINGAN BIASA....."

Hingga saat ini postingan itu telah dilihat 7,9 juta orang dan mendapat lebih dari 15 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim adanya mata air yang mengalir bersama api di Makkah, Arab Saudi? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini