Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Ada Mata Air dan Api di Mekkah

Marak beredar lagi postingan video yang mengklaim adanya mata air yang mengalir bersama api di Mekkah, Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta - Marak beredar lagi postingan video yang mengklaim adanya mata air yang mengalir bersama api di Mekkah, Arab Saudi. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 17 September 2018.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 3 menit 16 detik dengan narasi sebagai berikut:

"Berita terbaru...!!!Di Mekah ada mata air yg mana airnya mengalir bersama2 dengan api. Hal itu tertuliskan dalam Al Qur'an bahwa salah satu tanda kiamat adalah adanya jenis mata air ini ......... Kecocokan antar dua elemen yg saling bertolak belakang.👇TOLONG JANGAN HANYA DIBACA INI BUKAN POSTINGAN BIASA....."

Hingga saat ini postingan itu telah dilihat 7,9 juta orang dan mendapat lebih dari 15 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim adanya mata air yang mengalir bersama api di Mekkah, Arab Saudi?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel dari JPNN.com berjudul "Lokasi Mata Air - Api Itu di Iraq, Bukan di Mekkah" yang tayang pada 20 November 2017.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bawah lokasi mata air tersebut berada di Distrik Chamchamal, Provinsi Sulaymaniyah, Irak. Api muncul karena air memancar bersamaan dengan gas yang bertekanan tinggi.

Arus gas dan air itu merupakan hasil dari penggalian dua sumur minyak yang dilakukan pemerintahan Inggris dan Iraq pada 1936 serta 1954.

Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan artikel Cek Fakta dari media asal Portugal, Observador berjudul "Fact Check. Spring in Mecca throws water and fire at the same time?" yang tayang pada 27 Februari 2023.

Dalam artikel itu dijelaskan bahwa fenomena air dan api dalam sebuah sumur disebabkan karena adanya gas alam yang ada di daerah tersebut. Api menyembur setelah ada penggalian untuk mencari air untuk keperluan irigasi di daerah tersebut.

Sumber:

https://www.jpnn.com/news/lokasi-mata-air-api-itu-di-iraq-bukan-di-mekkah?page=3

https://www.atlasobscura.com/places/chamchamal-fire-well

https://observador.pt/factchecks/fact-check-nascente-em-meca-lanca-agua-e-fogo-ao-mesmo-tempo/

https://www.aa.com.tr/en/energy/natural-gas/iraqs-sulaymaniyah-finds-gas-during-water-exploration/9042

https://www.youtube.com/watch?v=DBfDqDLZFTI

https://www.kominfo.go.id/content/detail/19692/disinformasi-di-mekkah-ada-mata-air-mengalir-bersamaan-dengan-api/0/laporan_isu_hoaks

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang mengklaim adanya mata air yang mengalir bersama api di Mekkah, Arab Saudi adalah tidak benar. Faktanya mata air tersebut berada di Irak.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini