Sukses

Cek Fakta: Rekaman Suara Prabowo Subianto Promosikan Jam Tangan Usai Raih Kemenangan Hasil Hitung Cepat Ini Hasil Modifikasi AI

Beredar di media sosial postingan Prabowo Subianto mempromosikan jam tangan usai meraih kemenangan dalam perhitungan suara cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan Prabowo Subianto mempromosikan jam tangan usai meraih kemenangan dalam perhitungan suara cepat. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Instagram. Akun itu mempostingnya pada 16 Februari 2024.

Di dalam postingannya terdapat rekaman suara Prabowo Subianto dengan narasi sebagai berikut:

"Alhamdulillah untuk merayakan kemenangan hasil hitung cepat dari berbagai lembaga survei, saya instruksikan kepada pendukung dan simpatisan saya untuk jual murah jam tangan mewah tahan air di kedalaman 30 meter ini cuma 30 ribu saja. Desainnya mewah cocok untuk dipakai pria maupun wanita.

Untuk dapatkan harga murahnya klik suka komen kota asal dan beli di keranjang kuning"

Akun itu menambahkan narasi:

"*GUWEH KIRA KLAIM KEMENANGAN MERASA DIATAS ANGIN AJA NIH OMON OMON*

*EHK NGGA TAUNYA DODOL..MALAH JUALAN JAM TANGAN*😂

*COCOKAN JUALAN JAM AJA DAH..PAK..WKAKAWKAKKWAKAK*"

Lalu benarkah postingan Prabowo Subianto mempromosikan jam tangan usai meraih kemenangan dalam perhitungan suara cepat?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan memasukkan rekaman video tersebut dalam website pendeteksi AI, Aiornot.com. Hasilnya menemukan bahwa suara Prabowo dalam postingan itu merupakan modifikasi AI.

<p>Cek Fakta Prabowo promosikan jam tangan</p>

Selain itu penelusuran juga menggunakan website lain yakni Elevenlabs.io. Hasilnya juga menemukan bahwa audio atau rekaman suara itu adalah menggunakan modifikasi AI.

<p>Cek Fakta Prabowo promosikan jam tangan</p>

Video dalam postingan juga merupakan potongan dari video Reels yang diunggah akun @kemhanri yang diunggah pada 2 Juli 2023. Saat itu Prabowo mengucapkan ucapan Selamat Hari Bhayangkara ke-77, bukan soal promosi jam tangan.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Kementerian Pertahanan RI (@kemhanri)

Di sisi lain dalam akun resmi Prabowo Subianto di Instagram, @Prabowo yang sudah bercentang biru atau terverifikasi juga tidak pernah mempromosikan produk tertentu seperti jam tangan.

Sumber:

https://www.instagram.com/p/CuLFbxjp1Is/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan Prabowo Subianto mempromosikan jam tangan usai meraih kemenangan dalam perhitungan suara cepat adalah hoaks. Suara Prabowo dalam postingan itu merupakan modifikasi AI.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.