Sukses

Kumpulan Hoaks Foto Seputar Prabowo Subianto, Simak Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks terkait Pemilu 2024 terus beredar di masyarakat salah satunya yang menyerang paslon nomor urut dua Prabowo Subianto. Hoaks ini beredar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan dalam berbagai konten termasuk foto.

Lalu apa saja hoaks foto terkait Prabowo Subianto? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Foto Prabowo Angkat Telunjuk Tak Terkait Dukungannya pada Paslon Nomor Urut 1

Beredar di media sosial postingan foto Prabowo Subianto mengangkat jari telunjuk beredar belum lama ini. Foto tersebut diunggah oleh salah satu akun di Facebook.

Akun itu mengaitkan foto Prabowo tersebut terhadap dukungannya pada Capres dan Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Dalam foto tersebut terdapat narasi:

"Jangan lupa!! Tetap pilih paslon 01. Saya Nyapres cuma hobi".

Lalu benarkah foto Prabowo terkait dukungannya terhadap pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Foto Baliho Masyarakat NTT Mendukung Prabowo Sebagai Capres dan Jan Ethes Sebagai Cawapres

Beredar di media sosial postingan foto baliho masyarakat NTT mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres dan putra Gibran Rakabuming Raka, Jan Ethes sebagai Cawapres. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 23 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Prabowo dan Jan Ethes dengan narasi sebagai berikut:

"Masyarakat NTT mendukung Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden dan Jan Ethes sebagai Calon Wakil Presiden"

Akun itu menambahkan narasi:

"Tahun depan MK Akan mengesahkan batas usia capres dan cawapres minimal bisa maju usia Jan ethes , dan batas Maximal 110 th seusia bapaknya eyang WOWO ,Selamat sore INDONESIA ,,, Kena PRANK ,,,"

Lalu benarkah postingan foto baliho masyarakat NTT mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres dan Jan Ethes sebagai Cawapres? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Foto Susi Pudjiastuti Bersama Prabowo Membawa AC Mini

Beredar di media sosial postingan foto mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sedang membawa AC mini. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun bernama Ѕᴜѕɪ РᴜԀjɪɑѕtᴜtɪ itu mengunggahnya pada 7 Juni 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Susi Pudjiastuti bersama Prabowo sedang memegang sebuah AC mini. Postingan itu disertai narasi:

"Ya Tuhan, saya tertipu! Saya tidak berharap orang ɪnԀᴏnᴇѕɪɑ membeli barang palsu di Shoppee, Lazzada.😭 Garansi 5 tahun dan gratis 1 penukaran 1 dalam 7 hari. ЅᴇЬɑɡɑɪ Mᴇntᴇrɪ Kᴇlɑᴜtɑn Ԁɑn Рᴇгɪkɑnɑn, saya berharap yang terbaik untuk semuanya.Bulan lalu, saya melakukan perjalanan bisnis ke Jᴇρɑnɡ dengan Mᴇntᴇrɪ Рᴇrtɑһɑnɑn. Cuaca di Jᴇρɑnɡ sangat panas, bisa mencapai 40 derajat. Saya perhatikan bahwa kebanyakan orang Jᴇρɑnɡ menggunakan ɑᴄ cerdas daripada ɑᴄ konvensional untuk melindungi kesehatan masyarakat dan menghemat listrik 3 kali lebih banyak. Saya membeli satu untuk mencobanya.Ketika saya menerima produk, saya langsung memeriksanya. ɑᴄ Jᴇρɑnɡ bekerja dengan sangat baik, tidak banyak mengkonsumsi listrik dan cepat dingin. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mendinginkan seluruh ruangan seluas 28m2. Apalagi ɑᴄ-nya sangat kompak, tidak berisik, bisa dipindahkan kemana-mana dengan sangat mudah. ɑᴄ memiliki membran ion untuk menyaring bakteri, menyaring debu halus, dan menyerap kelembapan, sehingga saya tidak lagi sakit tenggorokan, kulit kering, dan tidur lebih nyenyak. 👍 Sejak mengganti ɑᴄ lama dengan yang Jᴇρɑnɡ ini, tagihan listrik keluarga saya bisa dihemat sekitar Rp1.500.000 per bulan. 🤗Luar biasa!💯Pulang ke Indonesia, saya pesan 2 sebagai oleh-oleh untuk keluarga, ganti ɑᴄ biasa. Tapi ketika saya menerima barang saya sangat kecewa. Itu palsu, dari Сɪnɑ, tidak seperti yang saya beli di Jᴇρɑnɡ. Mencoba menghubungi toko tetapi tidak berhasil.😡Saya menghubungi toko domestik Jᴇρɑnɡ dan diberi tahu bahwa mereka tidak menjual di Shoppee atau Lazzada. Mereka baru saja membuka cabang resmi ini di Jakarta. Ini tokonya 👉 bit.ly/japan-shareSaya telah memesan 3000 untuk kapal nelayan saya. Pengiriman sangat cepat dan saya hanya butuh 2 hari untuk menerima barang. Ѕᴜѕɪ РᴜԀjɪɑѕtᴜtɪ sangat khawatir dengan kesulitan dan penderitaan masyarakat, maka dari itu beliau sangat ingin ɑᴄ buatan Jᴇρɑnɡ ini memasyarakat di Indonesia agar masyarakat dapat menggunakannya dengan nyaman tanpa khawatir dengan tagihan listrik.😍🎁Pada kesempatan pembukaan, toko domestik Jᴇρɑnɡ diskon 50%, beli 1 gratis 1 dan pengiriman gratis untuk 99 pelanggan tercepat. Garansi 5 tahun dan gratis 1 penukaran 1 dalam 7 hari. Pesan di sini untuk membeli yang asli! Jangan beli barang palsu di Shopee!"

Lalu benarkah postingan foto mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sedang membawa AC mini? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini