Sukses

Studi Ungkap 42 Persen Masyarakat Indonesia Masih Percaya Hoaks Seputar Pemilu

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan tiga langkah Kominfo untuk menangkal hoaks terkait Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan tiga langkah Kominfo untuk menangkal hoaks terkait Pemilu 2024. Terlebih ia menyebut masih banyak masyarakat Indonesia yang percaya hoaks.

Mengutip hasil penelitian The Safer Internet Lab (SAIL) Tahun 2023, Budi menjelaskan ada 42 persen masyarakat Indonesia yang masih percaya disinformasi seputar Pemilu. Hal ini tidak lepas dari kemudahan dalam mengakses informasi, termasuk dari media sosial.

Itu sebabnya Kominfo menggencarkan tiga upaya dari tingkat hulu, tengah, dan hilir. Di tingkat hulu mereka mengadakan Program Gerakan Nasional Literasi Digital.

"Kami berupaya meningkatkan literasi digital masyarakat agar mampu membentengi diri dari ancaman, menjadi korban dan penyebar hoaks di seluruh masyarakat. Sementara di tingkat menengah kami melakukan patroli siber selama 1x24 jam secara masif untuk mengamankan ruang digital dari hoaks," ujar Budi dilansir laman Kominfo.

"Kami juga melakukan klarifikasi pada hoaks yang beredar dan mentakedown konten hoaks dari ruang digital. Sementara di tingkat hilir kami mendukung upaya penegakan hukum oleh Polri dengan pemberian data dan informasi," katanya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.