Sukses

Hoaks Kaitkan Cristiano Ronaldo dengan Israel, Simak Daftarnya

Salah satu pesepak bola dunia Cristiano Ronaldo kerap menjadi sasaran hoaks. Belakangan banyak hoaks yang mengaitkan pemain asal Portugal itu dengan Israel.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pesepak bola dunia Cristiano Ronaldo kerap menjadi sasaran hoaks. Belakangan banyak hoaks yang mengaitkan pemain asal Portugal itu dengan Israel.

Lalu apa saja hoaks terkait Cristiano Ronaldo dan Israel? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Video Cristiano Ronaldo Tolak Salaman dengan Pemimpin Israel

Beredar di media sosial postingan video Cristiano Ronaldo menolak bersalaman dengan pemimpin Israel. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 13 Oktober 2023.

Dalam video diklaim Ronaldo melewati seseorang tanpa bersalaman yang diklaim sebagai pemimpin Israel. Video itu disertai narasi:

"Begitu bencinya cr7 sama pemimpin Israel"

Akun itu juga menambahkan narasi "Video lama tapi masih menyentuh hati, diputar berulang pun ttp tersentuh hati ini melihatnya"

Lalu benarkah postingan video Cristiano Ronaldo menolak bersalaman dengan pemimpin Israel? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Video Cristiano Ronaldo Tolak Salaman dengan Orang Israel Usai Terima Trofi

Beredar di media sosial postingan video Cristiano Ronaldo menolak bersalaman dengan orang Israel usai menerima trofi. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 12 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat video Ronaldo sedang memegang trofi dan bersalaman dengan sejumlah orang. Selain itu terdapat beberapa bendera yang diklaim mewakili perwakilan orang tersebut termasuk bendera Israel.

Video itu juga memperlihatkan Ronaldo tidak bersalaman dengan salah satu orang yang diklaim berasal dari Israel.

Postingan itu disertai narasi:

"Cristiano Ronaldo menolak berjabat tangan dengan Israel"

Lalu benarkah postingan video Cristiano Ronaldo menolak bersalaman dengan orang Israel usai menerima trofi? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Cristiano Ronaldo Dukung Indonesia Tolak Israel di Piala Dunia U-20

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Cristiano Ronaldo mendukung Indonesia untuk menolak Israel berlaga di Piala Dunia U-20. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 4 April 2023.

Dalam unggahannya terdapat video berjudul "BELA JOKOWI MATI-MATIAN !!! CRISTIANO RONALDO LAKUKAN INI PADA FIFA ..."

Video itu mengklaim Ronaldo membela Indonesia dengan menyampaikan pernyataan sebagai berikut:

"Saya sangat kagum penolakan Indonesia terhadap Israel. Saya pikir Indonesia berhak mendapatkan Piala Dunia U-20 bukan Israel."

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Cristiano Ronaldo mendukung Indonesia untuk menolak Israel berlaga di Piala Dunia U-20? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.