Sukses

Deretan Hoaks Seputar Kaesang Pangarep, Simak Daftarnya

Hoaks bisa menyerang siapa saja tak terkecuali putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa menyerang siapa saja tak terkecuali putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Kaesang Pangarep? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Kaesang Pangarep Pakai Kaos Berlogo Palu Arit

Sebuah foto yang diklaim putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mengenakan kaos berlogo palu arit beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 31 Agustus 2023.

Dalam foto tersebut, Kaesang tampak tengah duduk bersama kakaknya Gibran Rakabuming Raka di sebuah tempat. Kaesang terlihat mengenakan kaos berwarna hitam dan terdapat logo palu arit berwarna kuning. Sementara Gibran mengenakan kaos berwarna putih.

"Ternyata anake jokowi sdh berani pake kaos p4lu 4rit simbol PK1, sdh jelas anak turun Komunis,

Jangan Beri Ruang sebagai apapun di NKRI

#Tenggelamkan," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 383 kali dilihat, 58 direspons, dan mendapat lima komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Kaesang mengenakan kaos berlogo palu arit? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Uang Mahar Pernikahan Kaesang-Erina Dicetak Khusus oleh Bank Indonesia

Kabar tentang uang mahar pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gundono dicetak khusus oleh Bank Indonesia (BI) beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Desember 2022.

Akun Facebok tersebut mengunggah narasi berisi klaim BI mencetak uang khusus untuk mahar pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gundono.

"Kabarnya dicetak khusus oleh Bank Indonesia untuk mahar pernikahan anak orang nomer satu di negeri ini.

Mahar itu berisi kode KSE 10-12-22 atau disebut merujuk nama Kaesang Erina dengan nomor seri tanggal pernikahan.

Ada lagi nomer seri ESG 11-12-96 yang diduga berarti Erina S Gudono, nomor seri tanggal lahir Erina. Terakhir adalah nomer seri KSP 25-12-94 atau Kaesang Pangarep dengan nomor seri tanggal lahir Kaesang," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3 kali dibagikan dan mendapat 6 komentar dari warganet.

Benarkah uang mahar Kaesang Pangarep dan Erina Gundono dicetak khusus oleh BI? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Ma'ruf Amin Izinkan Presiden Jokowi Pakai Uang Negara untuk Menikahkan Kaesang

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Ma'ruf Amin mengizinkan Presiden Jokowi memakai uang negara untuk menikahkan Kaesang. Postingan ini beredar sejak pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook pada 6 Desember 2022.

Akun itu mengunggah gambar artikel berjudul "Ma'ruf Amin tak apa-apa Presiden Jokowi pakai uang negara untuk menikahkan Kaesang".

Akun itu menambahkan narasi "Bapak wakil PRESIDEN ente kadang kadang bikin saya terharu....sekali nongol di media bikin saya senyum senyum..."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Ma'ruf Amin mengizinkan Presiden Jokowi memakai uang negara untuk menikahkan Kaesang? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini