Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Ma'ruf Amin Izinkan Presiden Jokowi Pakai Uang Negara untuk Menikahkan Kaesang

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Ma'ruf Amin mengizinkan Presiden Jokowi memakai uang negara untuk menikahkan Kaesang. Postingan ini beredar sejak pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook pada 6 Desember 2022.

Akun itu mengunggah gambar artikel berjudul "Ma'ruf Amin tak apa-apa Presiden Jokowi pakai uang negara untuk menikahkan Kaesang".

Akun itu menambahkan narasi "Bapak wakil PRESIDEN ente kadang kadang bikin saya terharu....sekali nongol di media bikin saya senyum senyum..."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Ma'ruf Amin mengizinkan Presiden Jokowi memakai uang negara untuk menikahkan Kaesang?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi laman Detik.com seperti yang terdapat dalam postingan. Di sana Cek Fakta Liputan6.com memasukkan kata kunci "Ma'ruf Amin" di kolom mesin pencarian.

<p>Cek Fakta Ma'ruf Amin izinkan Presiden Jokowi pakai uang negara</p>

Hasilnya ada artikel yang identik dengan postingan. Yakni artikel yang diunggah pada Senin, 5 Desember 2022 pukul 18.30 WIB dengan penulis Lisye Sri Rahayu.

Artikel itu mempunyai judul asli "Wapres Ma'ruf Nilai Tak Masalah Menteri Ikut Urus Nikahan Kaesang-Erina."

Berikut isi artikelnya:

"Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan menghadiri pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Ma'ruf juga menyinggung soal sejumlah menteri yang ikut dalam persiapan pernikahan.Ma'ruf lantas menyinggung soal sejumlah menteri yang menjadi 'panitia' pernikahan Kaesang. Ma'ruf menyebut panitia pernikahan Kaesang adalah orang-orang dekat Presiden Jokowi.

"Soal kepanitiaan itu soal orang-orang yang dekat, biasanya kan begitu, siapa yang dekat, yang berada di lingkungannya biasanya itu yang jadi panitia," jelas Ma'ruf.

Ma'ruf tak ada masalah dengan para menteri yang ikut dalam persiapan pernikahan Kaesang dan Erina. Namun Ma'ruf mengingatkan agar tak ada kinerja yang terganggu.

"Kalaupun ada pejabat, saya kira tidak boleh mengganggu kinerja, saya kira itu aja, saya kira nggak ada masalah, itu sudah biasa. Sebab biasa kalau kita melakukan hajatan tentu yang ada di sekeliling kita. Nah Presiden di sekelilingnya tentu," jelasnya.

Pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dengan Erina S Gudono tinggal hitungan hari. Sejumlah menteri di pemerintahan Presiden Jokowi pun ikut mempersiapkan hari bahagia tersebut.

Dirangkum detikcom, Senin (28/11/2022), ada empat menteri yang ikut mempersiapkan pernikahan Kaesang dan Erina Gudono. Mereka adalah Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Kaesang dan Erina dikabarkan akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman, pada 10 Desember 2022, pukul 13.00 WIB. Kemudian, acara Ngunduh Mantu akan berlangsung di Pura Mangkunegaran, Solo, pada Minggu, 11 Desember 2022.

Luhut diketahui menemani Kaesang ke rumah Erina pada Minggu, 23 Oktober lalu. Kala itu, Kaesang ditemani Luhut datang ke kediaman Erina di Purwosari, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Luhut pun buka suara.

"Saya? Saya itu anu (datang) kan ada kejuaraan atletik," kata Luhut seusai acara #DemiIndonesia di Ciputra Artpreneur Theatre Jakarta, Sabtu (29/10).

"Dan kebetulan saya mau melihat daerah situ, ya karena itu kan nanti ada midodareni," sambungnya."

Sumber:

https://news.detik.com/berita/d-6444268/wapres-maruf-nilai-tak- masalah-menteri-ikut-urus-nikahan-kaesang-erina

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang mengklaim Ma'ruf Amin mengizinkan Presiden Jokowi memakai uang negara untuk menikahkan Kaesang adalah hoaks. Faktanya judul artikel dalam postingan telah diedit.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS