Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Uang Mahar Pernikahan Kaesang-Erina Dicetak Khusus oleh Bank Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang uang mahar pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gundono dicetak khusus oleh Bank Indonesia (BI) beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Desember 2022.

Akun Facebok tersebut mengunggah narasi berisi klaim BI mencetak uang khusus untuk mahar pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gundono.

"Kabarnya dicetak khusus oleh Bank Indonesia untuk mahar pernikahan anak orang nomer satu di negeri ini.

Mahar itu berisi kode KSE 10-12-22 atau disebut merujuk nama Kaesang Erina dengan nomor seri tanggal pernikahan.

Ada lagi nomer seri ESG 11-12-96 yang diduga berarti Erina S Gudono, nomor seri tanggal lahir Erina. Terakhir adalah nomer seri KSP 25-12-94 atau Kaesang Pangarep dengan nomor seri tanggal lahir Kaesang," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3 kali dibagikan dan mendapat 6 komentar dari warganet.

Benarkah uang mahar Kaesang Pangarep dan Erina Gundono dicetak khusus oleh BI? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang uang mahar anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dicetak khusus oleh BI. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "uang mahar kaesang dicetak khusus bank indonesia" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai uang mahar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Uang Mahar Kaesang Berseri Unik Mirip Tanggal Pernikahan, BI Tegaskan Tak Cetak Khusus" yang dimuat situs liputan6.com pada 16 Desember 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Pecahan uang tunai Rp 300 ribu yang menjadi mahar pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono menjadi sorotan.

Pasalnya, uang mahar Kaesang dan Erina berbentuk Rp 100 ribu itu memiliki nomor seri yang mencantumkan inisial dan angka yang mirip dengan tanggal lahir Kaesang dan Erina.

Adapun nomor seri uang Rp 100 ribu lainnya yang mirip dengan tanggal pernikahan mereka, 10 Desember 2022.

Namun, Bank Indonesia (BI) membantah uang yang digunakan untuk mahar pernikahan Kaesang dan Erina dicetak khusus untuk keduanya.

"BI tidak secara khusus melakukan pencetakan uang yang menjadi mahar pernikahan tersebut," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono kepada Liputan6.com, Jumat (16/12/2022).

Erwin menjelaskan, dalam pelaksanaan pencetakan dan pemberian nomor seri uang rupiah kertas, Bank Indonesia menerapkan pola kombinasi berurutan (aritmetik) mengikuti urutan huruf dan angka sedemikian, sehingga tidak terdapat nomor seri ganda pada uang rupiah yang dicetak Bank Indonesia.

"Uang rupiah yang telah dicetak tersebut, selanjutnya disimpan di khazanah Bank Indonesia untuk menjadi persediaan uang nasional dan memenuhi kebutuhan layanan kas," jelasnya.

Dia menambahkan BI dapat melakukan pengeluaran dan pengedaran uang rupiah dengan nomor seri tertentu yang masih tersimpan di khazanah dengan mempertimbangkan momentum spesial yang menjadi pusat perhatian khalayak, sebagai sarana untuk memperkenalkan uang rupiah yang merupakan simbol kedaulatan negara sekaligus representasi keluhuran budaya bangsa, seperti kampanye Cinta, Bangga, Paham Rupiah.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang uang mahar anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dicetak khusus oleh BI ternyata tidak benar. Faktanya, BI tidak mencetak uang khusus untuk mahar pernikahan Kaesang dan Erina.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.