Sukses

Daftar Hoaks Seputar Penyerangan Masjid, Simak Biar Tak Terhasut

Berikut kumpulan hoaks seputar penyerangan masjid.

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks penyerangan masjid beredar di media sosial, kondisi ini dapati menimbulkan kesalahpahaman yang berujung pada provokasi.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah hoaks seputar penyerangan masjid, mulai dari Masjid Al Aqsa hingga masjid di Ethiopia.

Berikut kumpulan hoaks seputar penyerangan masjid.

Video Menara Masjid Al Aqsa Ditembaki Tentara Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 Oktober 2023.

Klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel menampilkan sebuah bangunan tinggi berbentuk silinder mengeluarkan asap putih, dalam video tersebut terdengar suara ledakan dan terlihat asap putih.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"MENARA MASJIDIL AQSHA DI TEMBAKI ISRAEL"

ALLAHU AKBAR MENARA MASJID ALAQSOH PALESTINA DI TEMBAKI PARA TENTARA ISRAEL NAMUN MENARA TERSEBUT TETAP BERDIRI KOKOH"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Kuasa ilahi menara mesjidil Aqsa di tembaki Israel namun menara itu Mash tetap berdiri kokoh walaupun Israel menggunakan rudal"

Benarkah klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Masjid di Palestina Dibom Yahudi

 

Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Sebuah Masjid di Palestina Dibom Yahudi (sumber: Facebook)

Sebuah video yang diklaim salah satu masjid di Palestina dibom oleh Yahudi beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Harri Yanto pada 19 Mei 2021.

Video berdurasi 17 detik itu memperlihatkan detik-detik sebuah bangunan mirip masjid hancur akibat ledakan. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan salah satu masjid di Palestina yang dibom yahudi sewaktu azan.

"Zionis Yahudi k3P4R4T BIPANG Laknattullah 🐸🐷💀😡😈," tulis akun Facebook Harri Yanto.

Konten yang disebarkan akun Facebook Harri Yanto telah 5 kali dibagikan dan telah direspons beberapa warganet.

Benarkah dalam video itu salah satu masjid di Palestina dibom oleh Yahudi? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

3 dari 4 halaman

Video China Hancurkan Masjid di Ethiopia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video China menghancurkan masjid di Ethiopia, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Juli 2023.

Unggahan klaim video China menghancurkan masjid di Ethiopia menampilkan sebuah foto sejumlah orang sedang berduduk mengadap ke sebuah bangunan dan menara. Video kemudian dilanjutkan dengan tayangan rubuhnya sebuah menara berwarna hijau yang disaksikan sejumlah orang. Video berikutnya menampilkan sejumlah orang sedang berada di jalan.

Dalam video terdapat narasi tulisan sebagai berikut.

"PENGHANCURAN MASJID BESAR-BESARAN

Muslim Ethiopia mencoba Melindung masjid mereka

Pemerintah Ethiopia telah mulai menghancurkan banyak Masjid dalam beberapa hari terakhir

mereka sudah Merobohkan 20 Masjid lebih di Ethiopia

Sama seperti di China, umat Islam di sana juga ikut Melindungi Masjid mereka

Tapi Aksi Protes yang mereka lakuka tidak disabuk Baik oleh Aparat disana

Mereka ditembagi gas Air mata agar menjauh dari Masjid yang ingin mereka lindungi

Penghancuran Masjid-masjid ini dikarenakan Pemerinta disana ingin membangun Kota Baru

Kota baru yang disebut Sheger City akan seger di Bangun di Pinggiran Ibu Kota Addis Ababa yang mana disana telah ditempati Ribuan rumah warga

Yang mana pemerintah Ethiopia segera menghancurkan semua Rumah dan Masjid yang Berdiri disana, dan membuat Ribuan orang menjadi Tunawisma

pemerintah mengklaim bahwa Masjid-masjid tersebut dibangun "secara ilegal"

meskipun beberapa Rumah dan Masjid sudah ada di sana selama lebih dari satu Dekade dan memiliki surat-surat yang Lengkap, namun tetap saja semua itu mereka hancurkan

beberapa orang tewas dan puluhan lainnya terluka saat mereka memprotes pemerinyah agar menghentikan penghancuran masjid mereka."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"*CHINA KOMUNIS BIADAB DI- ETHIOPIA*"

Benarkah klaim video China menghancurkan masjid di Ethiopia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini