Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Menara Masjid Al Aqsa Ditembaki Tentara Israel

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 Oktober 2023.

Klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel menampilkan sebuah bangunan tinggi berbentuk silinder mengeluarkan asap putih, dalam video tersebut terdengar suara ledakan dan terlihat asap putih.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"MENARA MASJIDIL AQSHA DI TEMBAKI ISRAEL"

ALLAHU AKBAR MENARA MASJID ALAQSOH PALESTINA DI TEMBAKI PARA TENTARA ISRAEL NAMUN MENARA TERSEBUT TETAP BERDIRI KOKOH"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Kuasa ilahi menara mesjidil Aqsa di tembaki Israel namun menara itu Masih tetap berdiri kokoh walaupun Israel menggunakan rudal"

Benarkah klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

<p>Penelusuran klaim menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel</p>

 

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya artikel berjudul "Fotos antiguas, videos fuera de contexto y falsos discorsos: los bulos sobre el conflicto entere Israel Y Palestina" yang dimuat situs Newtral.es, pada 15 Mei 2023.

Situs Newtral.es mengulas sejumlah foto dan video tentang perang di Timur Tengah, salah satunya terdapat video yang identik dengan klaim.

 

<p>Penelusuran klaim menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel</p>

Situs Newtral.es menjelaskan dalam bahasa dalam bahasa Spanyol yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai berikut.

"Pada bulan Februari dan Maret, sebelum konflik meningkat, sebuah video menjadi viral di jaringan seperti TikTok, Facebook, Twitter atau YouTube di mana menara masjid terlihat ditembak beberapa kali. Menurut banyak pesan viral, gambar tersebut menunjukkan tentara Israel menembaki sebuah masjid Palestina saat azan sedang dikumandangkan, seperti dilansir Boom Live .

Namun, video tersebut dipublikasikan pada Maret 2008 oleh pembuat film dokumenter Michael Moore dan menunjukkan serangan AS di Irak. Berbeda dengan video aslinya yang viral tahun ini, tak terdengar suara azan."

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "ABD askerinin yeni oyunu 'minare vurmaca" yang dimuat situs Mynet.com, pada 24 Maret 2008.<p>Penelusuran klaim menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel</p>

 

Situs Mynet.com menyebutkan, gambar-gambar ini yang tercermin pada kamera amatir dalam kekacauan yang sedang berlangsung di Irak, akan mengungkapkan bagaimana tentara Amerika yang beroperasi di Irak.

Sumber:

https://www.newtral.es/israel-palestina-conflicto-bulos/20210515/

https://www.mynet.com/abd-askerinin-yeni-oyunu-minare-vurmaca-110100385724

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim video menara Masjid Al Aqsa ditembaki tentara Israel tidak benar.

Video tersebut dipublikasikan pada Maret 2008 oleh pembuat film dokumenter Michael Moore dan menunjukkan serangan AS di Irak

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.