Sukses

Deretan Hoaks Satir yang Sempat Viral di Masyarakat, Simak Daftarnya

Hoaks berupa satir atau parodi kerap muncul di tengah peristiwa yang dibicarakan masyarakat. Hoaks ini beredar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks berupa satir atau parodi kerap muncul di tengah peristiwa yang dibicarakan masyarakat. Hoaks ini beredar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks berupa satir atau parodi yang pernah beredar? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Satir Foto Cristiano Ronaldo Raih Piala Dunia

Beredar di media sosial postingan yang menyebut Cristiano Ronaldo sukses meraih Piala Dunia. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 10 Agustus 2023.

Dalam postingannya terdapat dua foto yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sedang memegang piala. Foto itu disertai narasi:

"Pildun Original Version

Pildun Lite Version 1.0"

Postingan itu disertai narasi: "Akhirnya Ronaldo dapat piala dunia yang selama ini dia impikan"

Hingga saat ini postingan itu telah dilihat dua juta kali mendapat 3200 likes dan dibagikan 239 kali.

Lalu benarkah postingan yang menyebut Cristiano Ronaldo sukses meraih Piala Dunia? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Satir Webinar Hadirkan Rafael Alun Trisambodo dengan Tema Bangun Budaya Integritas di Lingkungan Pemerintah

Beredar di media sosial postingan membangun budaya integritas di lingkungan pemerintah yang diadakan oleh Rafael Alun Trisambodo. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 9 Maret 2023.

Dalam postingannya terdapat poster dengan judul "Talkshow membangun budaya integritas di lingkungan pemerintah".

Poster itu disertai foto Rafael Alun Trisambodo dan disertai narasi: "Jumat, 24 Maret 2023, 10.00-11.00 WIB, doorprize: Moge Harley Davidson, mobil Rubicon. Free Live via Youtube"

Lalu benarkah postingan ajakan mengikuti talkshow membangun budaya integritas di lingkungan pemerintah yang diadakan oleh Rafael Alun Trisambodo? Simak dalama artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Satir Masyarakat Boleh Memiliki SIM A Asal Punya Pengalaman dengan Kendaraan yang Lebih Kecil

Beredar di media sosial postingan gambar yang mengklaim pemohon berusia di bawah 17 tahun boleh memiliki SIM A asal punya pengalaman dengan kendaraan yang lebih kecil. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya 17 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar ilustrasi SIM A dengan narasi sebagai berikut:

"Calon pemohon berusia di bawah 17 tahun diperbolehkan memiliki SIM A jika sebelumnya pernah memiliki pengalaman dengan kendaraan yang lebih kecil"

Akun itu menambahkan narasi "siap daftar SIM A".

Lalu benarkah postingan gambar yang mengklaim pemohon berusia di bawah 17 tahun boleh memiliki SIM A asal punya pengalaman dengan kendaraan yang lebih kecil? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.