Sukses

Deretan Hoaks Mencatut Nama Bill Gates, Simak Faktanya

Bill Gates adalah salah satu orang berpengaruh dan terkaya di dunia, Cek Fakta Liputan6.com telah mendapatkan sejumlah hoaks seputar Bill Gates, ada 5 hoaks seputar Bill Gates beserta faktanya.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak mengenal Bill Gates, salah satu orang berpengaruh dan terkaya di dunia. Bill Gates adalah pendiri perusahaan perangkat lunak Microsoft sejak tahun 1975. Kesukesan karier Bill Gates mengantarkannya menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Melansir data Real Time Billionaire Forbes, Bill Gates menduduki posisi ke-7 sebagai miliarder terkaya di dunia dengan total kekayaan sebesar USD 100,8 miliar atau Rp. 1,5 kuadriliun.

Selain itu, Bill Gates bersama mantan istrinya aktif melakukan kegiatan amal. Dikutip dari Associated Press, daftar tahunan The Chronicle of Philanthropy tentang 10 pengeluaran amal terbesar oleh individu atau yayasan mengungkapkan bahwa Gates berada di urutan teratas, dengan sumbangan senilai USD 5 miliar atau Rp 78,3 triliun kepada Bill & Melinda Gates Foundation. 

Maraknya hoaks di jagat maya dapat menyerang siapapun, sekalipun orang terkaya di dunia. Ada Pepatah yang mengatakan "Semakin tinggi pohon semakin kencang angin menerpanya," dan hal tersebut tentu dirasakan oleh tokoh terkemuka seperti Bill Gates.

Cek Fakta Liputan6.com telah mendapatkan sejumlah hoaks seputar Bill Gates. Mulai dari hoaks Bill Gates memasukkan racun pada makanan berlabel Rainforest Alliance Certified sampai dengan hoaks Bill Gates memasukkan Vaksin Covid-19 dalam makanan.

Berikut hoaks seputar Bill Gates, beserta faktanya:

Bill Gates Memasukkan Racun pada Makanan Berlabel Rainforest Alliance Certified

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Bill Gates memasukkan racun pada makanan berlabel Rainforest Alliance Certified, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 10 September 2023.

Unggahan klaim Bill Gates memasukkan racun pada makanan berlabel Rainforest Alliance Certified, menampilkan video makanan yang berlabel Rainforest Alliance Certified, mulai dari pisang, teh, kopi, coklat, wafer, sabun dan es krim.

Label tersebut berupa gambar katak dengan tulisan "Rainforest Alliance Certified" yang melingkarinya.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"BigPh4rm4, industri kimia, dan perusahaan yang didirikan oleh tuan senj4t4 biologis Bill G4tes telah menambahkan berbagai r4cun ke dalam makanan yang membuat orang sakit. Rainforest Alliance adalah perusahaan yang didanai Bill Gates yang menjamin makanan tersebut dengan labelnya sendiri.

https://rumble.com/v2y8u76-bioweapon-mrna-in-foods.html"

Benarkah klaim Bill Gates memasukkan racun pada makanan berlabel Rainforest Alliance Certified? Simak faktanya di sini...

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Bill Gates Buat Gim Omicron

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Bill Gates membuat gim Omicron, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Mei 2023.

Klaim Bill Gates membuat gim Omicron berupa video yang menampilkan animasi sosok menyerupai orang sedang berbicara.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Game tahun 1999 ini pemiliknya adalah seorang milyarder Bill Gates yang dibuat untuk Microsoft Windows bernama "Omicron. Dalam game tersebut adalah tentang setan yang berpura-pura menjadi manusia untuk memanen jiwa manusia."

Benarkah Klaim Bill Gates membuat gim Omicron? Simak hasil penelusuran faktanya di sini...

 

Filipina Keluarkan Surat Penangkapan Bill Gates atas Rencana Pembunuhan dengan Vaksin

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Filipina keluarkan surat penangkapan Bill Gates atas rencana pembunuhan dengan vaksin. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 7 Maret 2023.

Unggahan klaim Filipina keluarkan surat penangkapan Bill Gates atas rencana pembunuhan dengan vaksin tersebut berupa tulisan sebagai berikut.

"(SP) Surat Perintah penangkapan BG dikeluarkan di Filipina untuk "Pembunuhan yang direncanakan" pada program vaksinasinya.

https://newspunch.com/bill-gates-arrest-warrant-issued.../

Filipina keluarkan SP penangkapan terhadap BG, di Indon...malah diberi karpet merah, diajak kerjasama 😜."

Disertai dengan tangkapan layar artikel halaman situs NEWS PUNCH  berjudul,

"Surat Perintah Penangkapan Bill Gates Dikeluarkan di Filipina Untuk 'Pembunuhan Terencana' Terkait Peluncuran Vaksin" 

Benarkah klaim Filipina keluarkan surat penangkapan Bill Gates atas rencana pembunuhan dengan vaksin? Telusuri faktanya di sini...

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Bill Gates Bicara Soal Juri Kematian dalam KTT G20 di Bali

Beredar di media sosial postingan yang menyebut Bill Gates berbicara soal 'juri kematian ' pada pemimpin dunia dalam KTT G-20 di Bali. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 19 November 2022.

Dalam postingannya terdapat artikel berjudul "Bill Gates Menyampaikan Pada Pemimpin Dunia G20 Bahwa Juri Kematian Segera Dibutuhkan"

Artikel itu dilengkapi narasi

"Raja kesehatan dunia yang tak terpilih Bill Gates menggunakan penampilannya di KTT G20 di Bali, Indonesia untuk mengangkat diskusi tentang 'panel kematian'.

Menurut Gates, panel kematian akan diperlukan dalam waktu dekat untuk mengakhiri hidup orang sakit dan tidak sehat karena "biaya medis yang sangat tinggi."

Akun itu juga menambahkan narasi "Bill Gates, bukan ahli kesehatan memberikan sarannya lagi."

Lalu benarkah postingan yang menyebut Bill Gates berbicara soal 'juri kematian ' pada pemimpin dunia dalam KTT G-20 di Bali? Simak faktanya di sini...

 

Bill Gates Bakal Memasukkan Vaksin Covid-19 dalam Makanan untuk Paksa Orang yang Tidak Mau Divaksinasi

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Bill Gates akan memasukkan vaksin covid-19 m-RNA melalui makanan untuk memaksa orang yang tidak mau divaksinasi. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 20 Januari 2023.

Berikut isi postingannya:

"Bill Gates berjanji untuk memompa mRNA ke dalam persediaan makanan untuk "memaksa" yang tidak divaksinasi.

Saat elit globalis terus merasa semakin sulit membuat umat manusia tunduk pada vaksin Covid dan penguat yang tak ada habisnya, mereka harus menemukan cara baru yang licik untuk memaksakan vaksin mereka pada kita.

Alih-alih mengakui bahwa umat manusia telah menyadari kebenaran tentang vaksin Covid-19 eksperimental yang menghancurkan, Bill Gates, yang bukan seorang dokter, berlipat ganda dan mengambil tanggung jawab untuk memvaksinasi dunia secara diam-diam.Lawan sensor."

Lalu benarkah postingan mengklaim Bill Gates akan memasukkan vaksin covid-19 m-RNA melalui makanan untuk memaksa orang yang tidak mau divaksinasi? Telusuri faktanya di sini...

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.