Sukses

Kolaborasi Orang Tua dan Pendidik Penting untuk Tingkatkan Literasi Digital di Sekolah

Dalam era digital yang berkembang dengan cepat saat ini, mempersiapkan siswa sekolah menengah untuk menjadi warga digital yang bertanggung jawab.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam era digital yang berkembang dengan cepat saat ini, mempersiapkan siswa sekolah menengah untuk jadi warga digital yang bertanggung jawab dan beretika menjadi hal yang terpenting.

Memang, sekolah dan pendidik berperan penting dalam mengajarkan literasi digital. Namun, keterlibatan orang tua dan wali penting dalam pendidikan literasi digital dan menawarkan strategi praktis untuk memperluas pendidikan.

Dengan melibatkan orang tua dalam pendidikan literasi digital, keluarga dapat bersama-sama menciptakan lingkungan pembelajaran online yang aman dan mendukung di mana perilaku digital yang bertanggung jawab dipraktikkan.

Kolaborasi ini memperkuat pembelajaran di sekolah dan membantu siswa menerapkannya dalam interaksi online di dunia nyata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Strategi Kolaborasi

Di era digital, setiap orang mempunyai tanggung jawab untuk mengasuh dan mendidik anak. Mulai dari pengguna individu, lingkungan rumah, guru, penyedia layanan, serta pemerintah atau negara. Oleh karena itu, pendidikan seorang anak harus dimulai dari lingkungan keluarga.

Melansir cyberwise.org, dengan adanya pembelajaran literasi digital, kita bisa memulai dengan menyelenggarakan webinar untuk orang tua tentang topik penting literasi digital, seperti privasi online, cyberbullying, dan literasi media.

Tak hanya itu, buat bagian khusus di situs web atau web sekolah tempat orang tua dapat mengakses sumber daya, artikel, dan tutorial terkait dunia digital. Termasuk tautan ke pembelajaran cyber civics, alat keamanan online, dan sumber tepercaya untuk mengikuti perkembangan tren online.

Selanjutnya membangun kolaborasi antara orang tua dan guru, ini menjadi jalur komunikasi terbuka antara guru dan orang tua mengenai topik literasi digital yang tercakup dalam kurikulum.

Memperluas pendidikan literasi digital di luar kelas melalui keterlibatan orang tua adalah cara yang efektif untuk membekali siswa dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk berinteraksi secara online dan aman secara bertanggung jawab.

Dengan berkolaborasi, berbagi sumber daya, dan memfasilitasi percakapan yang bermakna, kita dapat memastikan bahwa generasi muda kita menjadi warga digital yang aman, beretika, dan produktif, baik di sekolah maupun di rumah.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.