Sukses

Raja Salman Dijadikan Bahan Hoaks, dari Bagikan Warisan hingga Meninggal Dunia

Berikut kumpulan hoaks seputar Raja Salman.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud kerap dijadikan bahan hoaks yang disebar lewat media sosial, kondisi ini harus diwaspadai sebab akan menimbulkan dampak negatif.

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com ditemukan sejumlah hoaks seputar tokoh yang akrab disebut Raja Salman, mulai dari mewariskan harta hingga meninggal dunia.

Berikut kumpulan hoaks seputar Raja Salman.

 Video Raja Salman Wariskan Hartanya ke Putri Ariani

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Raja Salman mewariskan hartanya ke Putri Ariani, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 22 Juni 2023.

Unggahan klaim video Raja Salman mewariskan hartanya ke Putri Ariani berupa tautan akun video berjudul "Mengejutkan.! Detik² Raja Salman Mewariskan Hartanya Kepada Putri Ariani (Masya Allah)."

Video tersebut menampilkan Raja Salman sedang memberikan pidato kemudian dilanjutkan dengan potongan gambar pertemuan Raja Salman bersama Putri Ariani peraih golden buzzer America’s Got Talent 2023, Putri terlihat mencium tangan Raja Salman diiringi dengan narasi suara yang menyebutkan Raja Salman menunjuk anak angkatnya Putri Aryani ahli waris.

Salman juga menunjuk putranya Mohamed Bin Salman sebagai sebagai Raja Sudi dan sebagai ahli waris pertama Kerajaan Saudi. Serta menjadikan Ahmed Salman sebagai Putra Mahkota Saudi dan Putri Ariani sebagai Wakil Putri Mahkota Saudi.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"SubhamAllah, Raja Salman, mengangkat Putri Ariani sebagai Ahli waris Kedua setelah Putra Mahkota"

Benarkah klaim video Raja Salman mewariskan hartanya ke Putri Ariani? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Raja Salman Meninggal Dunia pada 22 Ramadhan 1444 H

Beredar di media sosial postingan video yang menyebut Raja Salman meninggal dunia pada 22 Ramadhan 1444 H atau 13 April 2023. Postingan video itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada Minggu (16/3/2023).

Dalam postingannya terdapat video Raja Salman dengan narasi "Innalillahi wa Inna ilaihi Raji'un, Raja Salman wafat 22 Ramadhan"

Akun itu menambahkan narasi "raja salman dh meninggal...dah start imam mahdi nk kluaq dah..taun dpn..2024 genap 100taun.."

Lalu benarkah postingan video yang menyebut Raja Salman meninggal dunia pada 22 Ramadhan 1444 H atau 13 April 2023? Simak hasil penelusurannya di sini....

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.