Sukses

6 Hoaks Sepekan, Ayo Simak Biar Tak Jadi Korban

6 hoaks terkini yang beredar di tengah masyarakat hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks yang beredar di tengah masyarakat semakin beragam, sebagian informasi tersebut sulit dikenali sehingga dapat mengecoh penerima pesan dan mempercayainya.

Untuk memudahkan masyarakat mengenali informasi yang diterima benar atau hoaks, Cek Fakta Liputan6.com pun telah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi viral.

Penelusuran Cek Fakta Liputan6.com pun mendapati sejumlah hoaks yang disebar di tengah masyarakat lewat berbagai saluran komunikasi, seperti media sosial dan aplikasi percakapan.

Berikut 6 hoaks terkini yang beredar di tengah masyarakat hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

1. Video Jalan di Indonesia Mendidih Akibat Cuaca Panas

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video jalan di Indonesia mendidih akibat cuaca panas, informasi tersebut diunggah pada 13 Mei 2023.

Klaim video jalan di Indonesia mendidih akibat cuaca panas menampilkan seorang memegang kamera sedang merekam jalan dengan aspal yang mengeluarkan asap dan buih air.

Dalam video tersebut terlihat kemacetan kendaraan dan beberapa orang yang sedang melihat peristiwa aspal yang mengeluarkan asap dan buih air pada beberapa titik.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Merebus air aspal di jalan raya di indonesia. Cuaca yang sangat panas."

Benarkah klaim video jalan di Indonesia mendidih akibat cuaca panas? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

2. Produk Makanan Berlabel Apeel Sangat Berbahaya Penuh Bahan Kimia dari Rekayasa Genetik

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim produk makanan berlabel Apeel sangat berbahaya penuh bahan kimia dari rekayasa genetik. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 6 Mei 2023.

Unggahan klaim produk makanan berlabel Apeel sangat berbahaya penuh bahan kimia dari rekayasa genetik tersebut menampilkan sebuah foto benda berlabel "Apeel" disrtai dengan barcode dan tulisan "PRODUCTION OF MEXICO", angka "4225".

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Bagi yang suka berbelanja di supermarket,selalu teliti sebelum membeli ,jika nemu produk berlabel APEEL ,itu produk milik Bill Gates ,sangat berbahaya,penuh dengan bahan kimia dan berasal dari hasil rekayasa genetik ,GMO".

Benarkah klaim produk makanan berlabel Apeel sangat berbahaya penuh bahan kimia dari rekayasa genetik? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini....

 

3. Video Polri Tangkap SBY Buntut Kegaduhan di MK

Kabar tentang Polri menangkap Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) buntut kegaduhan di Mahkamah Konstitusi (MK) beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 1 Juni 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berjudul VIRAL..!! TANGKAP SBY MENGGEMA POLRI LANGSUNG BERGERAK CEPAT LAKUKAN INI.

Video berdurasi 8 menit 11 detik itu menampilkan gambar thumbnail sosok SBY yang tengah mengenakan baju tahanan berwarna oranye dan tengah dikawal sejumlah petugas kepolisian. Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Polri telah menangkap SBY buntut kegaduhan di MK.

"V1ral ~ Po1ri Tangkap Sby Buntut Keg4duhan Di Mk, Des4kan Masyar4kat Menggem4," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 813 kali ditonton dan mendapat 3.200 komentar dari warganet.

Benarkah kabar Polri menangkap SBY buntut kegaduhan di MK? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Selanjutnya

4. Poster Pendaftaran Nikah Gratis Bagi Warga Surabaya

Beredar di media sosial postingan poster pendaftaran nikah gratis bagi warga Surabaya. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 26 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat poster berjudul "Rabi Gratis untuk Warga Surabaya"

Selain itu terdapat narasi:

"Pendaftaran:

- Aplikasi Sayang Warga

- Puskesmas terdekat

- Kantor Kelurahan dan Kecamatan

Persyaratan:

- Warga Surabaya

- Membawa KK Surabaya"

Poster tersebut juga melampirkan foto Walikota Surabaya, Eri Cahyadi.

Akun itu juga menambahkan narasi, "Monggo untuk wilayah Surabaya Endang sat set ,Endang di halal kan"

Lalu benarkah postingan poster pendaftaran nikah gratis bagi warga Surabaya? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

5. Video Jusuf Kalla Terlibat Korupsi BTS Tower

Cek Fakta Liputan6.com mendapatkan klaim video Jusuf Kalla terlibat korupsi tower, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 29 Mei 2023.

Unggahan video Jusuf Kalla terlibat korupsi tower diberi judul.

"Jvsuf Ka11a Terl1bat K0rupsi B-ts T0wer - Kej4gung T3mukan 2 Tri1iun S4at Penggled4han".

Video tersebut diawali dengan rangkaian foto yang menampilkan Jusuf Kalla mengenakan baju lengan putih dan rompi dikawal oleh sejumlah orang mengenakan seragam coklat.

Selain itu juga terdapat foto sejumlah orang berseragam yang sama sedang menunjukkan tumpukan uang.

Video tersebut diawal dengan narasi suara sebagai berikut.

"Wah...wah...wah, Kejaksaan geledah rumah kerabat JK karena terlibat korupsi pengadaan tower yang diduga ikut nikmati 2 triliun lebih

Lantara proyek belum rampung Kejagung menemukan penembahan 3 ribu set tower di luar kontrak adendum PLN dengan kontraktor

Untuk mengumpulkan bukti penyelidik gedung bundar telah menggeledah tiga tempat, yakni kantor Bukaka, rumah dan apartemen milik seseorang inisial SH","

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Jvsuf Ka11a Terl1bat K0rupsi B-ts T0wer - Kej4gung T3mukan 2… Lihat selengkapnyaJvsuf Ka11a Terl1bat K0rupsi B-ts T0wer - Kej4gung T3mukan 2 Tri1iun S4at Penggled4han"

Benarkah klaim video Jusuf Kalla terlibat korupsi BTS tower? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini....

 

6. Foto Robot Istri yang Sedang Dibuat Elon Musk

 

Penelusuran klaim foto Elon Musk sedang membuat robot istri,

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Elon Musk sedang membuat robot istri, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 17 Mei 2023.

Unggahan klaim foto Elon Musk sedang membuat robot istri menampilkan rangkaian foto Elon Musk berasama dengan sosok berkepala wanita berambut panjang berbadan robot.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Elon Musk sedang membuat robot istri dan sudah dalam tahap final....Ada yang mau ? lumayan...istri penurut,tidak banyak menuntut dan dijamin tidak.bakal selingkuh 🙂"

Benarkah klaim foto Elon Musk sedang membuat robot istri? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini