Sukses

Semburan Hoaks Terkait Erupsi Gunung Merapi, Berikut Daftarnya

Berikut kumpulan hoaks seputar erupsi Gunung Merapi

Liputan6.com, Jakarta- Erupsi Gunung Merapi pada 13 Maret 2023 diiukuti dengan hoaks, kondisi ini menuntut kita untuk lebih mewaspadai kabar yang didapat dengan tidak mudah mempercayainya.

Untuk memudahkan masyarakat membedakan informasi seputar erupsi Gunung Merapi, Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi yang viral di media sosial.

Hasil penelusuran menunjukan sejumlah oaks seputar erupsi Gunung Merapi beredar di media sosial pun beragam, mulai dari video yang diklaim sebagai erupsi merapi atau merapi meletus sampai evakuasi korban.

Berikut kumpulan hoaks seputar erupsi Gunung Merapi.

Video Terkait Erupsi Gunung Merapi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video terkait erupsi Gunung Merapi. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 Maret 2023.

Klaim video terkait korban erupsi Gunung Merapi menampilkan suasana lingkungan dengan langit kelabu dan terdapat debu di udara dan pasir di jalan.

Sejumlah orang sebagian besar kalangan ibu dan anak menaiki kendaraan roda empat bak terbuka yang terdapat tulisan "PASIRIAN 02".

Dalam video tersebut terlihat wajah masyarakat yang cemas juga terdengar suara tangisan dan suara orang mengajak menaiki kendaraan tersebut dengan bahasa Jawa.

"DOA KAMI ERUPSI GUNUNG MERAPI

#Gunungmeletus #Gunungmerapi #Meletus #berita #viral #reels #gunung #Magelang #Jateng #DIY #terbaru"

Benarkah klaim video terkait erupsi Gunung Merapi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

 Video Gunung Merapi Meletus

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Gunung Merapi meletus

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Gunung Merapi meletus, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 11 Maret 2023.

Unggahan klaim video Gunung Merapi meletus tersebut menampilkan gunung sedang mengeluarkan asap dan guguran debu, dalam video tersebut juga telihat jalan sepi dan kendaraan sedang menjauh dari arah gunung tersebut.

Unggahan klaim video Gunung Merapi meletus tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Merapi meletus 😭😭😭..yg punya sanak saudara sekitar Magelang,Muntilan,Klaten ,Boyolali..tolong di hubungi...semoga smua nya pada sehat selalu... Aamiin"

Benarkah klaim video Gunung Merapi meletus? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.