Sukses

Deretan Hoaks Pemberian Dana di Media Sosial, Awas Jangan Sampai Jadi Korban

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan, banyak beredar di berbagai platform media sosial hoaks terkait pembagian dana. Isinya, biasanya menginformasikan bahwa Anda mendapat hadiah dana dari suatu lembaga atau bahkan perorangan.

Lalu, kita diminta mengklik sebuah link atau mengisi data-data pribadi yang formnya sudah disiapkan. Jelas, ini merupakan bagian dari penipuan. Sebab, data-data pribadi kita bisa disalahgunakan untuk keuntungan pihak tertentu.

 Berikut deretan pemberitaan hoaks yang didapati dari media sosial, diantaranya:

1. Hoaks Kemensos Bagikan Saldo Dana Rp 600 Ribu Dengan Unduh Aplikasi Tertentu

Dalam postingan di salah satu akun Facebook yang mengunggah pada 4 Januari 2023 tersebut menyebut Kementerian Sosial (Kemensos) membagikan bantuan saldo dana senilai Rp 600 ribu dengan syarat mengunduh salah satu aplikasi.

Postingan tersebut diunggah dengan judul “Kemensos Berikan Bantuan Saldo DANA Gratis Langsung Cair Rp 600 Ribu, Ini Linknya”. Lalu benarkah Kemensos membagikan dana dengan cara tersebut? Cek hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com  dalam artikel ini 

2. Hoaks Alfamart Bagikan 100 Kotak Makanan dan Voucher Belanja 10 Juta

Salah satu akun Facebook mengunggah kabar mengenai Alfamart yang membagikan 100 kotak makanan juga voucher belanja senilai Rp 10 juta. Akun tersebut mengunggahnya dengan narasi sebagai berikut:

"Halo semuanya dalam rangka menyambut tahun baru 2023, Kami akan memberikan 100 Kotak makanan dan berisi Voucher belanja 10jt kepada seseorang pemenang secara acak di facebook bagi yang berhasil mengetik "menang". Berlaku sampai tanggal 1 Januari 2023," tulis akun Facebook Alfagift Fans.

Lalu benarkah Alfamart membagikan kabar tersebut dalam media sosial? Cek hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Hoaks BPJS Kesehatan Membagikan Dana Bansos Rp 100 Juta

Beredar informasi terkait pembagian dana bansos Rp 100 juta dari BPJS Kesehatan, kabar tersebut mencuat melalui aplikasi Whatsapp. Informasi tersebut beredar dengan menipu para penerima informasi untuk menghubungi link dan nomor telepon yang ditulis dalam text yang dikirim.

Lalu apakah benar BPJS Kesehatan membagikan dana bansos melalui aplikasi Whatsapp? Cek hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini

4. Hoaks Peringati Ulang Tahun, PT KAI Bagikan Subsisdi Rp 7 Juta

Informasi mengenai PT KAI yang membagikan subsidi Rp 7 juta dalam memperingati ulang tahun ke 77 beredar melalui aplikasi percakapan Whatsapp. Informasi tersebut beredar melalui link yang nanti diarahkan pada situs tersebut.

Lalu benarkah PT KAI membagikan subsidi tersebut melalui link? Cek hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini

Gloria Natali/Universitas Multimedia Nusantara

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS