Sukses

Deretan Hoaks Hadiah Mewah yang Marak di Medsos

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks terkait pemberian hadiah mewah masih marak di berbagai platform media sosial (medsos). Bahkan, tidak sedikit berita-berita tidak benar ini yang dibuat untuk menipu para pembaca dan peminatnya.

Jika tidak hati-hati, bukan tak mungkin kita bisa menjadi salah satu korbannya. Cek Fakta Liputan6.com menemukan banyak hoaks terkait penawaran hadiah di berbagai platform medsos, berikut beberapa di antaranya:

1. Hoaks Mitsubishi Pajero Dibagikan Gratis

Salah satu akun Facebook memposting terkait pembagian gratis mobil Mitsubishi Pajero hanya dengan mengetik kata tertentu dalam kolom komentar dari postingan tersebut. Akun yang mengunggah pada 18 November 2022 tersebut memposting dengan narasi:

"Selamat kepada Ibu Siti karena memenangkan Mitsubishi Pajero! Kami masih memiliki 2 lagi untuk menang, cukup ketik Menang”

Postingan tersebut mendapat 307 ribu komentar dan dibagikan sebanyak 1800 kali, lalu apakah benar postingan tersebut valid?

Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com terkait pemberitaan tersebut dalam artikel berikut ini 

2. Hoaks Penawaran Hadiah Mobil Alphard di Facebook

Dalam sebuah akun di Facebook yang diunggah pada 30 Desember 2022 memposting pembagian hadiah mobil Alphard dalam rangka tahun baru 2023.

Untuk mendapatkan hadiah mobil mewah tersebut, warganet diminta menuliskan warna mobil favorit dalam kolom komentar pada postingan tersebut. Setelah warganet berkomentar dan menulis warna favoritnya tersebut, warganet diarahkan untuk mengklik tombol biru dengan bertuliskan “Hubungi Kami” pada halaman Facebook.

Lalu, benarkah postingan yang telah 2 ribu kali dibagiakan dan 288 ribu komentar warganet tersebut merupakan penawaran hadiah mobil Alphard secara resmi? Berikut penelusuran dari Kanal Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Hoaks Honda Civic Dibagikan Secara Acak

Pada 6 Januari 2023, dalam salah satu akun Facebook membagikan unggahan yang menyebutkan pembagian mobil Honda Civic secara acak hanya dengan mengetikkan kata tertentu dalam kolom komentar postingan tersebut.

Dalam postingan tersebut menyebutkan narasi yang berisi:

“Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa kami menyumbangkan 300 Mobil Honda Civic yang tidak dapat dijual karena goresan ringan dan kerusakan ringan, semua Mobil dalam kondisi baik sehingga kami akan mengirim secara acak kepada seseorang yang menulis SELESAI.”

Lalu, apakah benar postingan tersebut adalah valid? Berikut penjelasan dari Liputan6.com terkait pemberitaan tersebut dalam artikel ini

Gloria Natali/Universitas Multimedia Nusantara

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS