Sukses

Deretan Hoaks Seputar Lionel Messi, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola tenar seperti Lionel Messi kerap menjadi korban hoaks. Hoaks ini beredar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait Lionel Messi? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Lionel Messi Ditahan Polisi Usai Kalah Lawan Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022

Sebuah foto yang diklaim pemain sepak bola Argentina Lionel Messi ditahan polisi usai kalah melawan Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022 beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 23 November 2022.

Foto tersebut memperlihatkan Messi tengah dikawal sejumlah pria berseragam mirip tentara. Mereka juga membawa senjata laras panjang. Messi tampak terkejut saat melihat senjata laras panjang yang dibawa salah satu petugas.

Foto itu kemudian dikaitkan dengan kabar penanahan Messi oleh polisi Argentina usai kalah dari Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022.

"Argentina's police have taken Messi to a life sentence in prison after losing a match against Saudi Arabia yesterday," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 15 kali direspons dan mendapat 6 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Lionel Messi ditahan polisi usai kalah melawan Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini 300 Ribu Fans Rayakan Transfer Messi ke PSG

Sebuah foto yang diklaim 300 ribu fans merayakan transfer Lionel Messi ke Paris Saint Germain (PSG) beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Barcelona News Indonesia pada 10 Agustus 2021.

Dalam foto tersebut, tampak kerumunan orang memadati sebuah tempat. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan 300 ribu fans merayakan transfer Lionel Messi ke PSG.

"300.000 fans berkumpul di Paris untuk merayakan transfer Messi ke PSG," tulis akun Facebook Barcelona News Indonesia.

Konten yang disebarkan akun Facebook Barcelona News Indonesia telah 1.700 kali dibagikan dan mendapat 3 ribu komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut merupakan kerumunan fans yang merayakan transfer Lionel Messi ke PSG? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Benarkah Foto Lionel Messi Tanda Tangani Kontrak dengan Klub Kolombia?

Ribuan orang di Facebook dihebohkan dengan foto kapten Timnas Argentina, Lionel Messi yang disebut sudah mendapat klub baru. Disebutkan juga pemain berusia 33 tahun itu resmi meninggalkan klubnya, Barcelona.

Dengan data dari CrowdTangle, fitur insight publik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan dua akun di Facebook yang mengunggah foto Lionel Messi sedang menandatangani kontrak dari klub asal Kolombia, Atletico Nacional.

Dua akun yang mengunggah foto Lionel Messi dengan klub barunya adalah Muyfrio dan Atlético nacional una sola pasión. Berikut narasi yang diberikan dalam foto Messi resmi bergabung dengan Atletico Nacional.

"Yes! Sudah menjadi kenyataan!! Lionel Messi baru saja menandatangani kontrak 3 tahun dengan Atletico Nacional".

Lalu, benarkah Lionel Messi sudah menandatangani kontrak tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS