Sukses

Cek Fakta: Hoaks KFC Bagikan Voucher Rayakan HUT ke 71

Liputan6.com, Jakarta - Informasi tentang KFC membagikan voucher tiga ember ayam goreng gratis untuk merayakan HUT ke 71 beredar di media sosial. Informasi tersebut disebarkan akun Facebook yang mencatut KFC, KFC Fans.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa KFC membagikan voucher yang bisa ditukarkan tiga ember ayam goreng gratis.

Untuk mendapatkan voucher tersebut, masyarakat diminta untuk mengetik "Love KFC" di kolom komentar akun Facebook tersebut. Setelah itu, diminta untuk membuka sebuah tautan.

"Untuk merayakan 71 tahun @KFC, kami mengirimkan kupon kepada mereka yang membagikan dan menulis "Love KFC". Sebelum 5 September jam 4 sore. Setiap voucher dapat digunakan di KFC mana saja untuk mendapatkan tiga ember ayam GRATIS!.2022," tulis akun Facebook KFC Fans.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 6.400 kali dibagikan dan mendapat 2 ribu komentar dari warganet.

Benarkah KFC membagikan voucher tiga ember ayam goreng gratis untuk merayakan HUT ke 71? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi KFC membagikan voucher tiga ember ayam goreng gratis untuk merayakan HUT ke 71. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi pihak PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST), selaku pemegang merek dagang KFC di Indonesia.

Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST), Justinus Dalimin Juwono memastikan bahwa informasi KFC membagikan voucher tiga ember ayam goreng gratis untuk merayakan HUT ke 71 adalah tidak benar.

"Itu tidak benar," kata Justinus kepada Liputan6.com, Sabtu (3/9/2022).

Justinus meminta, masyarakat untuk mengabaikan dan tidak menyebarkan informasi palsu tersebut.

"Mohon diabaikan saja," ucap Justinus.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi KFC membagikan voucher tiga ember ayam goreng gratis untuk merayakan HUT ke 71 ternyata tidak benar alias hoaks. Pihak KFC Indonesia tidak pernah mengeluarkan program bagi-bagi voucher tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS