Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini 300 Ribu Fans Rayakan Transfer Messi ke PSG

Beredar foto yang diklaim 300 ribu fans merayakan transfer Lionel Messi ke PSG. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim 300 ribu fans merayakan transfer Lionel Messi ke Paris Saint Germain (PSG) beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Barcelona News Indonesia pada 10 Agustus 2021.

Dalam foto tersebut, tampak kerumunan orang memadati sebuah tempat. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan 300 ribu fans merayakan transfer Lionel Messi ke PSG.

"300.000 fans berkumpul di Paris untuk merayakan transfer Messi ke PSG," tulis akun Facebook Barcelona News Indonesia.

Konten yang disebarkan akun Facebook Barcelona News Indonesia telah 1.700 kali dibagikan dan mendapat 3 ribu komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut merupakan kerumunan fans yang merayakan transfer Lionel Messi ke PSG? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim 300 ribu fans merayakan transfer Lionel Messi ke PSG. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Reverse Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa. Satu di antaranya artikel berjudul "A photo showing the mostly maskless crowd at Lollapalooza 2021 is being compared to 'Where's Waldo'" yang dimuat situs news.yahoo.com pada 3 Agustus 2021.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs news.yahoo.com.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa foto kerumunan itu merupakan penonton dari festival musik Lollapalooza di Chicago, Amerika Serikat. Festival itu pada awal Agustus 2021.

Foto tersebut diambil oleh seorang fotografer Colin Hinkle. Ia memotret dari lantai 52 sebuah bangunan yang menghadap Grant Park dan tepat di atas Festival Lollapalooza.

"Saya berada di sekitar lokasi saat akhir pekan itu dan saya memotret dengan lensa zoom panjang di atasnya, dan saya mengambil foto dan membagikannya," ucap Colin.

 

Referensi:

https://news.yahoo.com/photo-showing-mostly-maskless-crowd-124704916.html

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim 300 ribu fans merayakan transfer Lionel Messi ke PSG ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan kerumunan penonton saat festival musik Lollapalooza di Chicago, Amerika Serikat pada awal Agustus 2021.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.