Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Lionel Messi Ditahan Polisi Usai Kalah Lawan Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim pemain sepak bola Argentina Lionel Messi ditahan polisi usai kalah melawan Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022 beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 23 November 2022.

Foto tersebut memperlihatkan Messi tengah dikawal sejumlah pria berseragam mirip tentara. Mereka juga membawa senjata laras panjang. Messi tampak terkejut saat melihat senjata laras panjang yang dibawa salah satu petugas.

Foto itu kemudian dikaitkan dengan kabar penanahan Messi oleh polisi Argentina usai kalah dari Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022.

"Argentina's police have taken Messi to a life sentence in prison after losing a match against Saudi Arabia yesterday," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 15 kali direspons dan mendapat 6 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Lionel Messi ditahan polisi usai kalah melawan Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim pemain sepak bola Argentina Lionel Messi ditahan polisi usai kalah melawan Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Has Saudi Arab Police Detained Messi During FIFA World Cup 2022? Know The Truth" yang dimuat situs factcrescendo.com pada 28 November 2022 lalu.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa foto Messi yang sedang dikawal petugas itu tidak ada kaitannya dengan Piala Dunia Qatar 2022.

Berdasarkan hasil pencarian, gambar yang sama ditemukan di situs Getty Images. Foto tersebut diambil pada November 2012, ketika itu Messi dan timnas Argentina baru tiba di Riyadh, Arab Saudi. Mereka dikawal sejumlah petugas keamanan dari Arab Saudi.

Menurut laporan Metro News pada 13 November 2012, tim sepak bola Argentina tiba di Arab Saudi untuk pertandingan persahabatan. Setibanya di bandara, Messi dan pemain timnas Argentina lainnya dikawal sejumlah petugas keamanan.

Ketika itu, salah satu senjata petugas keamanan mengarah ke wajah Messi yang menyebabkan ekspresi terkejut di wajahnya. Pada akhirnya, Messi bisa melewati bandara tanpa cedera.

 

Referensi:

https://english.factcrescendo.com/2022/11/29/old-image-of-saudi-police-escorting-messi-viral-with-the-false-claim/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim pemain sepak bola Argentina Lionel Messi ditahan polisi usai kalah melawan Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022 ternyata tidak benar.

Foto tersebut merupakan rangkaian kunjungan timnas Argentina ke Arab Saudi pada November 2012 lalu. Ketika itu, Messi dikawal sejumlah petugas keamanan saat tiba di Riyadh, Arab Saudi.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS