Sukses

Lionel Messi Buka-bukaan soal Rencana Pensiun dari Sepak Bola, Usia Berapa?

Megabintang asal Argentina Lionel Messi belum lama ini buka-bukaan soal rencana pensiun dari sepak bola. Meski tak menyebut usia spesifik, pemain juara Piala Dunia 2022 rupanya sudah punya bayangan kapan dirinya hendak gantung sepatu.

Liputan6.com, Jakarta - Megabintang asal Argentina Lionel Messi belum lama ini buka-bukaan soal rencana pensiun dari sepak bola. Meski tak menyebut usia spesifik, pemain juara Piala Dunia rupanya sudah punya bayangan kapan dirinya hendak gantung sepatu.

Seperti diketahui, Messi hingga kini masih dikenal sebagai salah satu pemain paling hebat sepanjang sejarah. Eks bintang Barcelona itu tercatat telah mengoleksi 42 trofi dalam kariernya, termasuk 10 gelar LaLiga, 7 Copa de Rey, 4 Liga Champions, serta masing-masing 1 trofi Piala Dunia 2022 dan Copa America.

Di level individu, koleksi prestasi Messi pun tidak kalah mentereng. SportBible mencatat La Pulga sudah merengkuh 8 penghargaan Ballon d'Or yang membuat koleksinya 3 lebih banyak dibanding rival terdekat Cristiano Ronaldo.

Hanya saja, Lionel Messi kemungkinan tak bakal terus-terusan duduk di singgasana teratas sepak bola. Pemain kelahiran 1987 itu bakal segera menginjak usia 37 tahun musim panas ini.

La Pulga juga sedang menjalani masa senja kariernya yang jauh dari persaingan panas Eropa bersama klub MLS Inter Miami. Pemain yang pernah berseragan PSG pun tak menahan diri untuk bicara terang-terangan soal rencananya pensiun dari sepak bola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Messi soal Rencana Gantung Sepatu

Adapun Messi sendiri memang tak mematok batas usia dirinya berkarier dalam kancah sepak bola. Kendati demikian, megabintang asal Argentina mengaku dirinya bakal segera berhenti apabila merasa sudah tak bisa memberi kontribusi maksimal buat tim.

"Saya tahu bahwa ketika saya merasa tidak mampu lagi tampi, tidak lagi menkmati (bermain di lapangan), atau (tidak dapat) membantu rekan setim saya, saya akan berhenti," ucapnya kepada Big Time, dilansir dari SportBible.

"Saya sangat kritis terhadap diri saya sendiri. Saya tahu kapan diri saya baik, kapan buruk, kapan saya bermain bagus, dan kapan saya bermain dengan tidak bagus."

"Ketika saya merasa sudah waktunya untuk mengambil langkah itu (gantung sepatu), maka saya akan mengambilnya tanpa memikirkan faktor usia. Sebaliknya, jika saya merasa baik, saya akan selalu berusaha untuk terus berkompetisi karena hal itulah yang saya suka," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Karier Messi Pasca Pensiun

Sementara itu terkait potensi karier yang bakal diambil selepas pensiun, Lionel Messi mengaku dirinya belum memikirkan hal tersebut.

Pesepak bola berjuluk La Pulga ingin lebih dulu menikmati kesehariannya sebagai atlet, sebelum memikirkan masa depan pasca berpisah dari pekerjaannya saat ini.

"Saya belum memikirkan apa yang akan saya lakukan ketika pensiun. Sekarang saya mencoba menikmati hari-hari dan momen-momen tanpa memikirkan kehidupan setelah (sepak bola)," ucap Messi.

"Say belum yakin tentang hal apa pun. Saya berharap bisa terus bermain lebih lama karena itulah yang saya suka. Namun ketika saatnya tiba, saya pasti akana menemukan cara untuk merasa puas dengan diri sendiri dan memperoleh peran baru," katanya lagi, dilansir dari SportBible.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.