Sukses

Pemkot Tangerang Ajak KIM Cegah Penyebaran Hoaks di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Tangerang, Provinsi Banten menilai keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) mempunyai peran penting dalam penyebarluasan informasi dan mencegah penyebarluasan berita hoaks dan disinformasi di tengah masyarakat.

"Karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tanpa kerjasama dari unsur masyarakat," kata Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin dilansir dari Antara, Rabu (7/12/2022).

Oleh karena itu, Wakil Wali Kota Sachrudin berharap KIM yang merupakan mitra pemerintah harus terus menjalin kekompakan dan juga sinergitas di antara sesama kelompok informasi di 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang.

"Untuk membantu pemerintah dalam proses penyebarluasan informasi kepada masyarakat," ucap Sachrudin.

Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar acara Kimfest 2022. Acara yang menjadi ajang kreasi bagi komunitas yang terhimpun dalam Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) digelar selama dua hari, 3 - 4 Desember 2022 di Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang.

Ketua Forum Komunikasi KIM Kota Tangerang, Yaya Suhada menjelaskan, KIM melalui kegiatan KIMFEst mengajak warga Kota Tangerang untuk lebih berperan aktif dan peduli terhadap perkembangan teknologi informasi serta menjalin kerjasama dalam bingkai persatuan kesatuan.

"KIM telah pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat khususnya para pelaku usaha, khususnya dalam hal bisnis digital," ucap Yaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam Internationalitu Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS