Sukses

Peringatan Hari Guru Nasional Bisa Dijadikan Momentum Memperkuat Literasi Digital

Liputan6.com, Jakarta - - Peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November, dapat dijadikan momentum bagus untuk memperkuat literasi digital di satuan pendidikan. Hal itu diungkap Akademisi Universitas Pancasila, Dian Nurdiansyah.

Menurut Dian, baik guru maupun peserta didik perlu memiliki keterampilan literasi digital.

Dian menyebut, di era digital seperti sekarang, guru harus benar-benar memahami dan mengudapte kemampuannya terkait literasi digital.

"Salah satu langkah sederhana adalah dengan tetap menerapkan sistem e-learning," ujar dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila ini, dikutip dari Antara.

Menurut Dian, upaya untuk mempelajari teknologi baru/digital, tetap perlu dilakukan para guru, meski sistem pembelajaran jarak jauh sudah tak lagi digunakan.

Guru, kata Dian, berperan penting untuk terus memberikan literasi digital kepada peserta didik meski pun dengan sistem pembelajaran tatap muka.

Perlu juga dilakukan pendampingan kepada peserta didik saat mengakses konten-konten di internet ataupun media sosial. "Hal ini bertujuan agar siswa tidak mengakses konten-konten yang mengandung kekerasan atau konten negatif lainnya," Dian menuturkan.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Sesuai Tema Hari Guru

Sementara itu, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Aris Darmansyah Edisaputra menyebut perkembangan teknologi yang sangat pesat jadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan.

Dan, hal ini sejalan dengan tema Hari Guru Nasional 2022, "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar".

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS