Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Ambulans Mengantar Jenazah Tanpa Pengemudi

Beredar video yang diklaim ambulans mengantar jenazah tanpa pengemudi. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim ambulans mengantar jenazah tanpa pengemudi beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 20 Oktober 2022.

Video berdurasi 12 detik itu memperlihatkan suasana di dalam ambulans yang tengah mengangkut jenazah. Pada video itu, memang tidak terlihat sosok pengemudi ambulans.

Video kemudian dikaitkan dengan ambulans yang berjalan sendiri mengantar jenazah tanpa pengemudi. Peristiwa itu disebut-sebut terjadi di Desa Ampana, Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

"Astagfirullah alazim kejadian kemarin di desa Ampana ..mobil ambulance jalan sendiri tanpa sopir .. mengantar mayat sampai di tempat duka 😱😱😱😨😨😨," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 71 kali ditonton dan mendapat 13 komentar dari warganet.

Benarkah video yang diklaim ambulans mengantar jenazah tanpa pengemudi? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim ambulans mengantar jenazah tanpa pengemudi di Ampana. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "video ambulans tanpa sopir di ampana" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai peristiwa tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "CEK FAKTA, Viral Ambulance Bawa Jenazah Tanpa Sopir di Ampana" yang dimuat situs koranseruya.com pada 20 Oktober 2022.

AMPANA – Jagat media maya digegerkan dengan mobil ambulans yang berjalan tanpa sopir. Kejadian Mobil ambulance tanpa sopir yang membawa jenazah bersama keluarganya itu terjadi di wilayah Ampana, Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah, Rabu 19 Oktober 2022.

Video berdurasi 11 detik itu beredar luas di jagat media sosial dan viral. Dalam video itu, nampak ada jenasah yang tengah dipegangi seorang laki-laki dalam ambulance.

Sementara yang memvideokan terdengar sedang menangis. Namun anehnya, mobil ambulance itu seperti tak memiliki sopir.

Setir mobil juga terlihat hanya bergoyang sendiri tanpa ada orang yang gerakkan, sementara ambulance melaju kencang.

Netizen makin geger usai beredar dua voice note suara pria yang meyakinkan kejadian tersebut. Namun, hal itu segera dibantah Kapolsek Ampana Kota AKP Jimyarto Anasim Kamis 20 Oktober 2022.

AKP Jimy mengatakan peristiwa ambulance mengantar jenasah seperti yang terlihat dalam video, memang benar. Namun ambulance itu berjalan atau antar mayat tanpa sopir, tidak benar sama sekali.

Sopir ambulance yang mengantar jenasah saat itu berbadan pendek. Sehingga tak kelihatan dalam video saat pihak keluarga merekam peristiwa itu.

Jimy juga menjelaskan Video itu sebenarnya panjang, namun ada oknum yang sengaja memotong video itu menjadi 11 detik.

Pernyataan AKP Jimyarto Anasim itupun diperkuat dengan penjelasan akun bernama Atika Umar di Facebook. Akun Atika Umar mengaku orang yang merekam video tersebut.

Dia kemudian menjelaskan bahwa video ambulance antar jenasah tanpa sopir tidak benar. Penjelasan akun Atika Umar itu diposting pada Kamis pagi 20 Oktober 2022.

 

Referensi:

https://koranseruya.com/cek-fakta-viral-ambulance-bawa-jenazah-tanpa-sopir-di-amapana.html

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim ambulans mengantar jenazah tanpa pengemudi di Ampana ternyata tidak benar. Faktanya, sopir ambulans yang mengantar jenazah saat itu berbadan pendek. Sehingga tidak terlihat dalam video saat pihak keluarga merekam peristiwa itu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.