Sukses

Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel Wapres Ma'ruf Amin Minta Rakyat Pakai Kayu Bakar saat Masak Biar Irit

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan artikel berjudul "Wapres minta rakyat Pakai kayu bakar saat masak biar irit". Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 22 September 2022.

Dalam postingannya terdapat artikel berjudul "Wapres minta rakyat Pakai kayu bakar saat masak biar irit." Postingan itu disertai gambar Wakil Presiden Ma'ruf Amin sedang berada di atas podium.

Akun tersebut menambahkan narasi: "Sembako mahal nyuruh makan pisang, gas mo di hilangin nyuruh pake kayu bakar.Ntar nyuruh apa lagi mbaahhhh...."

Lalu benarkah postingan berjudul "Wapres minta rakyat Pakai kayu bakar saat masak biar irit"?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menggunakan mesin pencarian Yandex. Di sana ditemukan gambar identik seperti dalam postingan.

Gambar itu mengarah pada artikel Okezone.com berjudul "Wapres Ma'ruf Amin: Prof Azyumardi Azra Akademisi Berkaliber Dunia"

Artikel itu identik dengan postingan yakni nama penulis "Binti Mufarida" dan juga tanggal artikel itu diunggah yakni Senin, 19 September 2022 pukul 18.59 WIB.

<p>Cek Fakta Wapres Ma'ruf Amin minta rakyat masak pakai kayu bakar.</p>

Selain itu foto yang digunakan juga identik dengan gambar dalam postingan.

Berikut isi narasi artikel itu selengkapnya:

"JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang juga Ketua Dewan Pers Profesor Azyumardi Azra.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, saya menyampaikan duka cita dan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah, saudara saya bapak Profesor Dr H Azyumardi Azra Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang juga tengah menjabat Ketua Dewan Pers,” ungkap Wapres lewat keterangan resminya, Senin (19/9/2022).

Diketahui, Prof Azyumardi meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, pada Minggu 18 September 2022, sekitar pukul 12.30 WIB. Prof Azyumardi Azra hendak menghadiri undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) dalam Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September.

Wapres menyebut Prof Azyumardi merupakan akademisi berkaliber dunia. Bahkan, pengabdian, karya, gagasan, dan pemikirannya sangat mencerahkan terutama pada sejarah kebudayaan Islam yang menjadi bidang kepakarannya.

“Almarhum adalah akademisi berkaliber dunia, pengabdian, karya, gagasan, dan pemikirannya sangat mencerahkan terutama pada sejarah kebudayaan Islam yang menjadi bidang kepakarannya,” kata Wapres.

Wapres juga mengatakan sebagai intelektual, almarhum Prof Azyumardi sangat responsif dan kontributif terhadap dinamika perkembangan zaman. “Bahkan tidak kenal lelah menebar ilmu dan memberi inspirasi,” katanya.

“Semoga segala karya-karya Profesor Azyumardi Azra senantiasa memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia,” ungkap Wapres.Wapres pun mendoakan agar Prof Azyumardi. “Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala menerima amal ibadahnya, menghapuskan segala perilakunya dan dosanya, dan memberikan tempat yang paling mulia di sisi-Nya,” tutupnya."

Sumber:

https://nasional.okezone.com/read/2022/09/19/337/2670765/wapres -ma-ruf-amin-prof-azyumardi-azra-akademisi-berkaliber-dunia? page=2

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan berjudul "Wapres minta rakyat Pakai kayu bakar saat masak biar irit" adalah hoaks. Faktanya judul dalam artikel tersebut telah diedit.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS